Senin 24 Apr 2023 14:36 WIB

Libur Lebaran, Ribuan Orang Padati Krakatau Park Bakauheni

Tercatat, 1.100 orang pengunjung pada hari pertama Lebaran dan 2.540 orang hari kedua

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Gita Amanda
Menteri BUMN Erick Thohir melihat koleksi merchandise di Kawasan Krakatau Park, Bakauheni, Sumatera Selatan, Kamis (20/4/2023).
Foto: Dok.Rep
Menteri BUMN Erick Thohir melihat koleksi merchandise di Kawasan Krakatau Park, Bakauheni, Sumatera Selatan, Kamis (20/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyambut libur Hari Raya Idul Fitri 2022, Krakatau Park yang berada di lingkungan Bakauheni Harbour City telah resmi soft launching pada Sabtu (22/4/2023). Tercatat, 1.100 orang pengunjung pada hari pertama Lebaran dan 2.540 orang pada hari kedua Lebaran memadati taman bermain baru di Bakauheni tersebut.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan Krakatau Park menjadi destinasi baru bagi pemudik dari Pulau Sumatra menuju Jawa ataupun sebaliknya. "Saat ini sudah beroperasi 22 wahana permainan dari total 26 wahana yang dapat dinikmati seluruh keluarga," kata Shelvy dalam pernyataan tertulisnya, Senin (24/4/2023).

Selama periode promo pada April 2023, harga tiket masuk (HTM) yang berlaku untuk pembelian on the spot secara tunai sebesar Rp 100 ribu dan pembelian secara cashless sebesar Rp 90 ribu. Dengan besaran HTM tersebut, masyarakat dapat menikmati seluruh wahana permainan yang telah beroperasi di Krakatau Park.

Pekan lalu, Menteri BUMN Erick Thohir dalam kunjungan kerjanya di Lampung Selatan juga melakukan pengecekan atas kesiapan Krakatau Park yang sudah mulai beroperasi menyambut libur Lebaran tersebut. Erick mengapresiasi progres pembangunan proyek yang telah mencapai 95 persen, dan ditargetkan tuntas pada bulan Mei memdatang.

Erick menilai keputusan manajemen soft launching pada momen libur Lebaran tahun ini agar Krakatau Park dapat mulai beradaptasi sebagai wahana kreasi yang menjadi destinasi pilihan masyarakat. "Lampung Selatan semakin dikenal menjadi kawasan pariwisata," ucap Erick.

Erick menambahkan, Provinsi Lampung dengan kehadiran Krakatau Park sebagai pintu gerbang masuk Sumatra tidak hanya berpotensi menarik antusiasme wisatawan, tetapi juga para investor dalam mengembangkan proyek ini menjadi lebih besar lagi. Apalagi, lanjut Erick, Krakatau Park memiliki letak geografis yang strategis.

Proyek Krakatau Park merupakan kerja sama ASDP dengan Jatim Park Group menjadi destinasi wisata berkonsep tempat bermain (theme park). Sejumlah wahana yang ada di Krakatau Park yaitu ferrys wheels, taman bunga, gallery Krakatau, wahana air, 4D cinema, ghost house, bumper car, air bike, tornado, giant slide, airbon shoot, animal coaster, rodeo, dan dark side Krakatau.

Selain taman rekreasi, proyek Siger Park yang digarap oleh BRI juga telah selesai dan telah dibuka, dimana pada hari pertama dan kedua Lebaran hampir seribu orang yang mengunjungi Siger Park.

Proyek BHC memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Pembangunan kawasan terintegrasi BHC terbagi dalam tiga tahap. Pada tahap I dengan periode waktu 2022-2025, terbagi menjadi Tahap IA untuk masa 2022-2025 dan mencakup area pengembangan seluas 41,9 hektare (ha). Pada Tahap IA, BHC difokuskan pada pembangunan yang menjadi prioritas Proyek Strategis Nasional (PSN) yakni berupa pengembangan fungsi utama pendukung aktivitas pelabuhan yaitu pembangunan theme park, hotel, komersial UMKM, serta politeknik pariwisata.

Kemudian, Tahap IB dalam periode waktu 2026-2030 mencakup areal seluas 22,8 hektare. Tahap ini merupakan kelanjutan pengembangan area prioritas PSN dengan fokusnya berupa pengembangan hotel di Distrik 3 dan komersial pendukung.

Untuk Tahap II, periode 2031-2040 seluas 64 hektare dengan fokus peningkatan pelayanan BHC sebagai kawasan kota mandiri. Pembangunan Tahap II ini dilaksanakan di Distrik 2 dan Distrik 3 dengan tujuan memperluas pelayanan BHC​​​​​​​ sebagai kawasan kota pelabuhan terintegrasi.

Serta, tahap terakhir atau Tahap III untuk periode 2041-2061 dengan luas 31,2 ha yakni keberlanjutan dan diversifikasi pembangunan. Pada tahap tersebuy fokus pembangunan Bakauheni Harbour City adalah memberikan keberagaman dan pembangunan yang telah dilaksanakan dengan opsi hotel, kondotel atau vilatel, dan atraksi wisata.

Total luas lahan yang dibutuhkan untuk tiga tahap pengembangan BHC atau hingga 2061 mencapai 160 hektare. Pembangunan tersebut memiliki nilai keseluruhan investasi sebesar Rp 4,7 triliun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement