Jumat 21 Apr 2023 22:46 WIB

Jajaran Polres Metro Tangerang akan Patroli Antisipasi Pencurian Rumah Kosong

Rumah warga yang ditinggal mudik lebaran rentan terhadap aksi kejahatan.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Lida Puspaningtyas
Rumah kosong yang ditinggal mudik penghuninya rawan jadi incaran maling. (ilustrasi)
Foto: www.halosemarang.com
Rumah kosong yang ditinggal mudik penghuninya rawan jadi incaran maling. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho memastikan pihaknya bersama keamanan satuan pengamanan bakal rutin melakukan patroli secara berkala bagi rumah-rumah warga yang ditinggalkan mudik lebaran 2023/ 1444 hijriah. Upaya ini dilakukan guna mengantisipasi pencurian rumah kosong yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

"Sudah kami datakan, melibatkan keamanan setempat (satpam) di perumahan - perumahan, dengan tentunya melibatkan RT/RW, Personel bhabinkamtibmas, Binamas maupun Polisi RW," kata Zain dalam keterangannya, Jumat (21/4/2023).

Baca Juga

Menurutnya, warga yang rumahnya ditinggal mudik lebaran ini rentan terhadap aksi kejahatan. Sebelumnya polisi pun sudah menghimbau kepada masyarakat di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota agar dapat mengantisipasi dengan menutup rapat pintu dan semua jendela, mencabut semua kelistrikan maupun gas untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

"Patroli rumsong (kosong) kami lakukan berkala, masyarakat yang mengetahui ada tindak kejahatan silahkan menghubungi command center Polres Metro Tangerang Kota di nomor 082211110110 dan 110," katanya.

 

Seperti diketahui, Kepolisian sudah bekerja sama dengan satpam maupun security untuk mengantisipasi kerawanan dengan memberlakukan one gate system atau melalui satu pintu masuk. Termasuk meningkatkan kewaspadaan terhadap para pelaku kejahatan yang menyamar menjadi ojek online, petugas perusahaan listrik negara (PLN), petugas PAM maupun pemulung.

"Saya berharap dengan kegiatan patroli secara bersama ini, bisa meminimalisir kejahatan pencurian dilokasi-lokasi perumahan yang memang di tinggalkan mudik pemiliknya," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement