Jumat 07 Apr 2023 16:33 WIB

Polda Metro Petakan Titik Kemacetan Pintu Keluar Jakarta Saat Arus Mudik

Pemudik mobil bisa menggunakan jalur Tol Japek untuk yang mengarah ke timur.

Rep: Ali Mansur/ Red: Erik Purnama Putra
Pengendara mobil melintas di jalur contra flow saat terjadi kemacetan kala arus mudik di jalan Tol Jagorawi, Jakarta Timur.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pengendara mobil melintas di jalur contra flow saat terjadi kemacetan kala arus mudik di jalan Tol Jagorawi, Jakarta Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya telah memetakan sejumlah titik yang rawan kemacetan, terutama di titik pintu keluar DKI Jakarta. Secara garis besar, Polda Metro Jaya membagi dalam dua kategori di pintu keluar Jakarta tersebut, yaitu untuk kendaraan roda empat dan roda dua.

"Untuk roda empat, titik rawan macet saat mudik terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) lantaran meningkatnya volume kendaraan yang meninggalkan ibu kota," ungkap Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman kepada awak media di Jakarta, Jumat (7/4/2023).

Menurut Latif, pemudik pengguna kendaraan roda empat menggunakan jalur Tol Japek untuk yang mengarah ke timur. Kemudian untuk pemudik yang mengarah barat dapat melalui jalur Tol Merak dan untuk yang mengarah Bogor pemudik bisa menggunakan Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi).

"Jadi akses lalu lintas menuju Pelabuhan Merak dan menuju Bogor pun turut menjadi perhatian," kata Latif. Sementara itu, bagi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua melalui jalur arteri.

Sehingga diprediksi Jalan Inspeksi Kalimalang akan mengalami kemacetan. Pasalnya, jalan tersebut biasa digunakan pemudik pengguna sepeda motor untuk melalui jalur utara.

Sedangkan untuk jalur alternatif khusus sepeda motor yang paling utama adalah dari Halim Perdanakusuma lama sampai Jatiwaringin menuju Kabupaten Bekasi. Latif menuturkan, jajarannya akan membuat pos pengamanan (pospam) di titik-titik tersebut.

Hal itu dilakukan sebagai antisipasi adanya kemacetan panjang dan juga untuk mengamankan arus mudik di jalur tersebut. "Pospam selalu kita tempatkan pada titik-titik kepadatan untuk memperlancar arus lalu lintas," tutur Latif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement