Kamis 30 Mar 2023 17:39 WIB

Asosiasi Fotografi dan Srikandi Ganjar Ajak Masyarakat Jabodetabek Belajar Ilmu Fotografi

Giat ini bertujuan untuk menyalurkan hobi para pencinta fotografi.

Kelas fotografi di Jabodetabek.
Foto: Dok. Web
Kelas fotografi di Jabodetabek.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI --  Bersama komunitas fotografer Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI) Bekasi serta masyarakat umum, zan relawan perempuan Srikandi menggelar kelas fotografi. 

Pelatihan itu berlangsung di D & D Utama Cafe yang berlokasi di Jalan Baru Perjuangan, Kelurahan Marga Mulya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat. 

Baca Juga

Korwil komunitas tersebut, Jabodetabek Wahyuni Safitri mengatakan giat ini bertujuan untuk menyalurkan hobi para pencinta fotografi sekaligus untuk mengasah skill. 

"Jadi yang kami lihat di Jabodetabek ini bahwa ini kan sudah era digital. Sebenarnya semua itu bisa menjadi fotografer untuk sekedar foto-foto atau selfie. Akan tetapi kita mesti mendalaminya karena fotografer ini mempunyai skill-skill khusus untuk ke seninya," ujar Wahyuni dilansir pada Kamis (30/3/2023). 

Sebelum memulai praktik memotret, para peserta terlebih dahulu dibekali ilmu dasar mengenai dunia fotografi. 

"Kami memfasilitasi milenial yang ada di Jabodetabek, jadi ketika mereka memiliki atau punya pikiran skill fotografer, bisa terasah," kata Wahyuni. 

Selain diberikan penjelasan ilmu fotografi, sukarelawan juga memfasilitasi para peserta untuk bisa belajar langsung praktik memotret. 

Sementara, Certified Photographer sekaligus pemateri Septa Anjar Kusuma menjelaskan mengenai tips dan trik ilmu fotografi. 

"Hari ini saya menjelaskan tentang tips dan trik fotografi mulai dari basic, komposisi, fotografi smartphone. Untuk memulai sebuah praktik kita harus dibekali ilmu dahulu, agar apa yang kita buat kita tahu basic-nya," kata Anjar. 

Anjar pun mengapresiasi pelatihan yang digelar Srikandi Dukung Ganjar Jabodetabek ini. Menurutnya, giat tersebut bisa menjadi wadah para pencinta fotografi untuk berbagi ilmu. 

"Dalam kegiatan pelatihan hari ini saya berterima kasih sekali telah diberikan wadah ke teman-teman fotografer dan mendapatkan ilmu dan sharing bersama," ucapnya. 

Anjar berharap melalui pelatihan nantinya para peserta bisa mengembangkan minat dan bakat mereka di bidang fotografi. 

Tak hanya itu, mereka juga diharapkan bisa menyesuaikan ilmu dasar yang mereka miliki sesuai dengan perkembangan zaman agar mereka bisa jadi fotografer yang profesional. 

"Harapan saya dengan adanya acara ini dapat bermanfaat ke depannya di zaman yang serba canggih, serba cepat, kita harus menyesuaikan, kita harus bisa walaupun tidak seprofesional fotografer handal," lanjut Anjar. 

Komunitas serupa memang kerap melakukan kegiatan yang menumbuhkan minat dan bakat masyarakat. Di Yogyakarta, mereka menggelar kegiatan pelatihan bento cake class di Singosaren, Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY, belum lama ini. 

 

Kegiatan ini digelar berkolaborasi dengan Nuta Cake Jogja. "Kegiatan pelatihan bento cake ini dilakukan untuk melatih milenial muda agar lebih kreatif dalam hiasan kue mini," ujar Koordinator Jogja Herawati, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement