Selasa 28 Mar 2023 00:11 WIB

Soal Piala Dunia U20, Mahfud: Lagi Cari Jalan Keluar, Prinsipnya Tolak Dukung Israel

Mahfud tegaskan RI tutup hubungan diplomatik dengan Israel hingga Palestina merdeka

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Menko Polhukam Mahfud MD,
Foto: Republika/Prayogi.
Menko Polhukam Mahfud MD,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengatakan, saat ini pemerintah tengah mencari solusi soal penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia setelah adanya penolakan terhadap Timnas Israel. Namun demikian, Mahfud menegaskan bahwa Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Ia memastikan, Indonesia tidak akan pernah melakukan hubungan diplomatik dengan Israel selama Palestina belum merdeka. “Ya kita kita jalani proses-proses ini untuk dicari jalan keluar. Pokoknya prinsipnya Indonesia itu tidak punya hubungan diplomatik Israel dan tidak akan pernah melakukan hubungan diplomatik dengan Israel selama Palestina belum merdeka,” ujar Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/3).

Baca Juga

Mahfud mengatakan, prinsip tersebut telah disampaikan Bung Karno di PBB. Bagi Bung Karno, kata Mahfud, Israel adalah negara imperialis. “Itu adalah pernyataan Bung Karno di PBB, di KAA, lalu Bung Karno membuat Ganefo sendiri karena melawan imperialisme. Bagi Bung Karno Israel itu imperialis,” ucapnya.

Meski begitu, Mahfud mengatakan Indonesia juga berkeinginan untuk bergaul dengan baik di dunia internasional melalui olahraga. Karena itu, saat ini pemerintah tengah mengolah dua pandangan tersebut agar Indonesia tetap jaya dan sejahtera.

 

“Maju dan tetap tidak akan mendukung Israel, tetap akan mendukung kemerdekaan Palestina, dan tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel selama Palestina tidak diakui sebagai sebuah negara oleh Israel,” ujar Mahfud.

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement