Sabtu 25 Mar 2023 09:40 WIB

Dorong Masyarakat Cinta Lingkungan, Warga Cirebon Diajak Rutin Gelar 'Jumat Bersih'

Kegiatan tersebut dilakukan dalam mengisi waktu ngabuburit.

Kegiatan Jumat Bersih Dusun Blok Cikondang, Desa Wangkelang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat (24/3/2023).
Foto: Dok. Web
Kegiatan Jumat Bersih Dusun Blok Cikondang, Desa Wangkelang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat (24/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Kelompok Srikandi Ganjar Jawa Barat menggelar kegiatan Jumat Bersih dengan menata dan membersihkan lingkungan di Desa Wangkelang, jalan raya dan pemukiman warga sekitar. Kegiatan tersebut dilakukan dalam mengisi waktu ngabuburit di sela-sela waktu menjelang buka puasa.

Aksi bersih-bersih itu dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Cirebon Raya, Mila Rahmawati dan diikuti oleh puluhan warga yang hadir di Dusun Blok Cikondang, Desa Wangkelang, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat (24/3/2023).

Baca Juga

Mila Rahmawati menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan guna mendukung masyarakat untuk membiasakan masyarakat untuk senantiasa menjaga hidup bersih dan sehat.

"Saat ini kami sedang kampanyekan pola hidup bersih dan sehat melalui kegiatan Jumat Bersih. Kegiatan positif ini juga dalam rangka memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo dan menjalin silaturahmi dengan para perempuan di Desa Wangkelang," kata Mila seperti dilansir pada Sabtu (25/3/2023). 

Lebih lanjut, Mila menyampaikan, melalui kebiasaan menjaga kebersihan lingkungan yang disebarluaskan kepada masyarakat sekitar, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

"Kebiasaan menjaga hidup bersih dan sehat sebetulnya kan tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, ketika mindset itu sudah tertanam, tentu akan berdampak pada kemajuan daerah tersebut," kata dia.

Mila menekankan kegiatan Jumat Bersih tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menciptakan lingkungan yang sehat dapat mendorong program kesehatan masyarakat secara berkelanjutan.

"Kami selalu mengimbau dan menekankan untuk senantiasa menjaga lingkungan lingkungan untuk tetap bersih dan terjaga," sambungnya.

Menurutnya, kesehatan masyarakat merupakan salah satu komponen dalam memajukan daerah dan peradaban dalam masyarakat.

Mila berharap kegiatan tersebut akan menjadi kegiatan rutin mingguan di wilayah setempat.

"Ada upaya untuk melakukan kegiatan tersebut menjadi program rutin mingguan, kami akan terus berkoordinasi dengan kepala dusun setempat dan tentu akan mendukung progtam positif untuk wilayah ini," kata dia.

Terkait aksi kebersihan, kelompok relawan ini telah melaksanakannya sejak lama. 

Jelang Ramadhan, di Kabupaten Deli Serdang mereka menggelar aksi sosial bersih-bersih makam di Desa Sugiharjo, Kecamatan Batanf Huis, Kabupaten Deli Serdang. 

Koordinator Wilayah SG Sumatra Utara (Sumut) Firda Annisa Sirait mengungkapkan kegiatan tersebut murni aksi sosial Srikandi Ganjar di tengah masyarakat, serta wujud rasa syukur karena masih ikut perayaan Ramadhan 2023.

"Kami bersama puluhan remaja lainnya melakukan kegiatan aksi sosial bersih-bersih di makam. Sebetulnya kegiatan tersebut rutin dilakukan para warga setempat menjelang Ramadan, kami coba membantu supaya ketika mereka ke sini area makamnya sudah nyaman dan rapih," kat Firda seperti dilansir dari Antara.

Aksi gotong royong tersebut cukup antusias diikuti para pemuda, tak sedikit para warga sekitar ikut membantu membersihkan makam tersebut dengan peralatan sederhana.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement