Selasa 21 Mar 2023 11:40 WIB

Kadis Bina Marga: Kabel Semrawut di Jakarta Rampung pada Lebaran 2023

Hari Nugrono mengancam Apjatel, kabel utilitas tidak ditata bakal dipotong.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau lokasi kabel semrawut di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Sabtu (18/3/2023).
Foto: Republika/Eva Rianti
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau lokasi kabel semrawut di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Sabtu (18/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, jajarannya bakal merapikan kabel utilitas di seluruh wilayah Ibu Kota. Dia menargetkan pekerjaan itu bisa rampung pada Lebaran 2023. "Pokoknya abis Lebaran semuanya beres. Kalau tidak, saya yang potong kabelnya," kata Hari di Jakarta pada Selasa (21/3/2023).

Dia mengaku, sudah berkeliling Jakarta bersama Penjabat (Pj) Gubernur DKI, Heru Budi Hartono pada Sabtu (18/3/2023),meninjau galian kabel yang terkesan semrawur. "Kemarin hari Sabtu sama Pak Pj Gubernur sudah keliling. Di Gunung Sahari sudah dibetulin. Rasuna kemudian di mampang juga. Kalau bicara semua wilayah masih banyak," kata Hari.

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menanggapi terkait kabel utilitas yang masih semrawut di wilayah Jakarta. Dia mengaku, operator maupun Pemprov DKI perlu waktu untuk menyelesaikan masalah itu.

"Belum ngecek lagi, tapi kemarin Dinas Bina Marga sudah melaksanakan, ya perlu waktu," kata Heru saat ditemui di Taman Cempaka, Cipayung, Jakarta Timur pada Selasa (21/3/2023).

Dia mengaku, peninjauan bersama pengurus Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) di titik pemasangan utilitas membuktikan adanya pelanggaran prosedur pemasangan kabel. Dia pun mengapresiasi keseriusan Apjatel yang berkomitmen menata kembali pemasangan kabel bawah tanah.

"Saya terima kasih kepada Apjatel yang sudah menindaklanjutinya dan kemarin sudah diberesin yang di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, tapi yang di Rasuna Said, Jakarta Selatan kan perlu waktu," kata Heru.

Sebelumnya, Pemprov DKI meminta seluruh operator jaringan utilitas di Jakarta segera memperbaiki dan merapikan kondisi kabel yang semrawut di beberapa titik Ibu Kota. Para operator jaringan utilitas yang tergabung dalam Apjatel diberi waktu perbaikan selama sekitar 10 pekan atau hingga awal Juni 2023.

"Awal Juni ya saya minta selesaikan perbaikannya. Kalau ini enggak beres, se-Jakarta enggak saya kasih izin," kata Heru saat meninjau titik jaringan utilitas yang semrawut di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (18/3/2023).

Dalam agenda tinjauan tersebut, Heru mengunjungi beberapa titik yang terdapat kabel semrawut dan tidak sesuai dengan aturan ditanam di bawah tanah. Mulai dari Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, serta Jalan HR Rasuna Said dan Jalan Warung Jati Raya, Jakarta Selatan.

Pengamatan Republika.co.id, kabel yang berada di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, kondisi sekumpulan kabel menjulur di atas aspal yang dicor, seperangkat alat jaringan utilitas juga tampak teronggok di aspal. Adapun di kawasan Kuningan, tepatnya di depan Kementerian Kesehatan, kondisi kabel berantakan di got, membuat kondisi perkotaan kurang estetik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement