Ahad 19 Mar 2023 06:26 WIB

Masyarakat Antusias Hadiri Festival Budaya Biak

Hiburan rakyat ini merupakan awal rangkaian event Sail Teluk Cenderawasih Papua 2023

Ribuan masyarakat di Kabupaten Biak Numfor berbondong-bondong datang ke pesta rakyat atau hiburan rakyat dalam rangkaian kegiatan Festival Budaya Biak.
Foto: Dok Republika
Ribuan masyarakat di Kabupaten Biak Numfor berbondong-bondong datang ke pesta rakyat atau hiburan rakyat dalam rangkaian kegiatan Festival Budaya Biak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ribuan masyarakat di Kabupaten Biak Numfor berbondong-bondong datang ke pesta rakyat atau hiburan rakyat dalam rangkaian kegiatan Festival Budaya Biak. Festival menghadirkan banyak artis, baik artis lokal Biak Numfor dan artis Papua yang juga turut menghibur dan memeriahkan acara tersebut.

Hiburan rakyat yang mengangkat budaya Biak Numfor dengan penampilan lagu-lagu daerah oleh artis-artis Papua disambut antusias oleh warga Biak Numfor dan sekitarnya. Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Biak Numfor, Oni Dangaebun, yang turut hadir dalam acara itu mengatakan, Festival Budaya Biak selain menampilkan prosesi adat dan budaya Biak Numfor, pameran UMKM, tapi juga beragam hiburan yang menarik.

"Hiburan rakyat kami hadirkan di malam hari setelah rangkaian prosesi adat dan budaya di pagi hingga sore, dan luar biasa sekali, saya apresiasi sekali untuk antusias masyarakat yang datang, seperti malam ini, apalagi ini malam Minggu, kalau kita lihat sepertinya lebih dari ribuan orang yang datang," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/3/2023).

Ia menambahkan, selain bisa melihat hiburan, masyarakat juga bisa melihat pameran UMKM, serta ada beberapa stan kuliner dan kopi yang bisa dikunjungi. Selain itu, ia juga berharap pagelaran ini bisa menghibur serta memberikan semangat baru bagi masyarakat.

"Hiburan rakyat ini sengaja kita hadirkan untuk menarik masyarakat bisa datang ke rangkaian kegiatan Festival Budaya Biak ini, sudah lama tidak ada hiburan seperti ini juga di Biak Numfor, dan kami senang sekali malam ini tempat ini dipenuhi masyarakat Biak," ujar Kadispar yang juga merupakan Koordinator Acara Festival Budaya Biak Numfor.

Sementara itu, Ade Lina salah satu pengunjung mengatakan, sangat senang karena adanya hiburan rakyat ini menurutnya kota Biak Numfor jadi lebih ramai, karena banyak juga orang dari luar yang datang. Ia juga sangat mendukung pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih yang melibatkan Kabupaten Biak Numfor.

"Saya datang dengan keluarga, kami senang sekali, merasa terhibur, kami harap acara seperti ini bisa sering dilakukan, kami juga sebagai masyarakat Biak Numfor sangat pendukung program pemerintah Sail Teluk Cenderawasih yang mengangkat budaya dan adat kita di Papua," katanya.

Hiburan rakyat ini merupakan rangkaian Festival Budaya Biak sebagai kick off atau awal pelaksanaan rangkaian event Sail Teluk Cenderawasih Papua 2023 yang akan berlangsung 16-20 Maret 2023. Festival Budaya Biak 2023 merupakan side event Sail Teluk Cenderawasih 2023 yang mengusung tema “Menguatkan Budaya Membingkai Pesona”. 

Kegiatan ini memiliki sasaran untuk menjadikan adat dan budaya sebagai instrumen utama memaknai keseimbangan tatanan kehidupan yang berdampak pada kesejahteraan, membangun kecintaan, kebanggaan akan adat dan budaya Biak Numfor dan komitmen melestarikannya, membangun konsep dan konsolidasi ekonomi berbasis kearifan lokal, serta membangun edukasi dan pola literasi budaya bagi siswa.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement