Kamis 16 Mar 2023 16:43 WIB

Ketua DPRD Kecewa TPP ASN di Pemkab Bogor Tiga Bulan Belum Cair

Kabag Anggaran Kabupaten Bogor menjanjikan, TPP untuk ASN cair menjelang Ramadhan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto.
Foto: Dok DPRD Kab Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rudy Susmanto mengakui, kecewa terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, karena sudah tiga bulan belum juga membayarkan tunjangan penghasilan pegawai (TPP) untuk para aparatur sipil negara (ASN).

"Sampai hari ini, Maret 2023, TPP belum dicairkan. Padahal, itu hak yang harus diterima oleh para ASN. Jangan sampai orang yang sudah bekerja dengan baik melayani masyarakat, lalu sampai harus menunggu keringat mereka kering baru dibayar," kata Rudy di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/3/2023).

Dia khawatir, lambannya pencairan anggaran yang menjadi hak para pegawai itu berdampak pada menurunnya kualitas pelayanan pemerintahan kepada masyarakat. Rudy pun meminta anggaran yang sudah disetujui oleh DPRD dalam APBD 2023 itu untuk segera dicairkan.

Selain itu, kata dia, beberapa anggaran infrastruktur untuk desa, kelurahan, dan kecamatan juga harus secepatnya dicairkan. Rudy mengaku, mendapat banyak keluhan dari sejumlah ASN soal hal tersebut.

"Beberapa anggaran infrastruktur untuk desa, kelurahan, dan kecamatan segera dicairkan, agar masyarakat ketika memasuki hari raya Idul Fitri bisa menikmati infrastruktur yang baik," kata politikus Partai Gerindra itu.

Dia juga mengingatkan salah satu fungsi APBD adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. APBD seharusnya bisa dicairkan lebih awal agar perputaran uang dapat dirasakan masyarakat. Terlebih, kata Rudy, untuk urusan belanja wajib yang mestinya sudah terjadwal setiap bulan.

"Sejak awal kami selalu ingatkan agar proses yang berkaitan administrasi diselesaikan di awal-awal tahun. Februari mestinya program sudah berjalan," ucap Rudy.

Kepala Bagian Anggaran pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor, Achmad Wildan menyebutkan TPP akan dicairkan menjelang bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah. "Insha Allah, pekan ini atau pekan depan sebelum puasa (TPP PNS dicarikan). Bismillah," kata Wildan.

Dia menyebut, lambatnya pencairan TPP untuk ASN di lingkungan Pemkab Bogor lebih karena terkendala beberapa persyaratan yang belum dilengkapi. "Ada beberapa syarat dokumen yang harus dilengkapi dan sudah dilengkapi sekarang. Tinggal tunggu saja," ujar Wildan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement