Jumat 10 Mar 2023 21:18 WIB

Harga Ayam Potong di Medan Mulai Naik Jelang Ramadhan

Kenaikan harga ayam potong di Medan juga terjadi akibat mahalnya pakan.

Pedagang ayam potong melayani pembeli.
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Pedagang ayam potong melayani pembeli.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Harga daging ayam potong di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan, Sumatera Utara, mengalami kenaikan jelang Ramadhan. Kenaikan harga juga diakibatkan mahalnya harga pakan dalam dua pekan.

Harga ayam potong saat ini di Pasar MMTC dan Pasar Brayan dijual sekitar Rp31.000 per kg hingga Rp31.500 per kilogram, yang sebelumnya dijual di angka Rp26.000 per kilogram hingga Rp28.000 per kilogram.

Baca Juga

Seorang pedagang ayam di Pasar Brayan, Toni, di Medan, Jumat, mengatakan kenaikan pakan ternak berdampak pada kenaikan harga ayam potong. Namun, kenaikan tersebut tidak mempengaruhi dagangannya.

"Harga ayam sudah seminggu lebih naik, karena pakan nya naik, cuman untuk penjualan kami aman aman aja," ujarnya.

 

Sementara untuk harga bahan pokok lainya relatif stabil. Harga komoditas sayuran seperti bawang merah ukuran sedang Rp30.000 per kilogram, bawang putih ukuran sedang Rp26.000 per kilogram. Sedangkan, cabai merah dan cabai rawit mengalami tren penurunan, cabai merah Rp.30.0000 per kilogram dan cabai rawit Rp26.000 per kilogram.

Seorang pedagang di Pasar MMTC, Bima mengatakan, saat ini harga bahan pokok cukup stabil, sama halnya dengan jumlah pembeli.

"Harganya segini segini aja dari seminggu yang lalu, pembelinya pun juga kayak gini aja, belum ada peningkatan," ujarnya.

Kestabilan harga juga dialami daging sapi, terpantau mulai dari tanggal 2 Maret hingga saat ini harga daging sapi dijual berkiasaran Rp130.000 per kilogram.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement