Kamis 09 Mar 2023 22:57 WIB

Revitalisasi Stasiun Tanah Abang Ditargetkan Selesai Tahun Depan

Kadishub DKI sebut revitalisasi Stasiun Tanah Abang ditargetkan selesai tahun depan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah penumpang usai menaiki kereta di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Kamis (9/3/2023). Kadishub DKI sebut revitalisasi Stasiun Tanah Abang ditargetkan selesai tahun depan.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah penumpang usai menaiki kereta di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Kamis (9/3/2023). Kadishub DKI sebut revitalisasi Stasiun Tanah Abang ditargetkan selesai tahun depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan revitalisasi Stasiun Tanah Abang akan selesai pada 2024. Sehingga nantinya Stasiun Tanah Abang tidak lagi terlalu padat dipenuhi penumpang.

"Kita harapkan sesuai dengan target pada triwulan 1 (Januari hingga Maret) pada 2024 sudah siap untuk operasionalnya. Untuk bulan apanya nanti masih dalam pembahasan," kata Syafrin pada Kamis (9/3/2023).

Baca Juga

Kemudian, ia melanjutkan revitalisasi Stasiun Tanah Abang ini adalah kerja kolaboratif antara Kemenhub, Kementerian PUPR, PT KAI dan Pemprov DKI.

"Untuk Kemenhub akan membangun tambahan track-nya. Menjadi ada dua tambahan dua track lagi disana," kata dia.

 

Ia menambahkan dari Pemprov DKI tentu terkait dengan landscape disana dan juga penataan di area luar stasiun yang keseluruhannya dilaksanakan perencanaan secara menyeluruh.

"Kemudian, untuk stasiunnya itu akan dibangun oleh Kementerian PUPR," kata dia.

Sebelumnya diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengatakan, mulai melakukan revitalisasi atau pemugaran Stasiun Tanah Abang pada Februari 2023. Upaya revitalisasi itu berkonsep penambahan jalur serta beautifikasi. 

"Sudah mulai jalan (revitalisasi pada bulan ini)," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kepada Republika.co.id, di kawasan Jakarta Barat, Selasa (28/2/2023). 

Heru mengatakan, saat ini mulai dilakukan pengerjaan pengerukan tanah sebagai langkah awal untuk melakukan pemugaran dan beautifikasi di Stasiun Tanah Abang. "Mulai dikeruk, lalu gudang-gudangnya sudah digeser," tuturnya. 

Rencana revitalisasi Stasiun Tanah Abang telah dibahas bersama dengan Kementerian Perhubungan beberapa waktu lalu. Heru Budi telah bertemu langsung dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk membahas rencana tersebut. Pemugaran stasiun terpadat tersebut dilakukan bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement