Selasa 07 Mar 2023 16:45 WIB

UMM Tawarkan Beasiswa untuk Kreator Konten, Tertarik?

Untuk YouTuber harus memiliki subscriber sebanyak 5.000.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pekerja kreatif membuat konten video seorang pegiat media sosial.  Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menawarkan beasiswa talenta unggul dengan kriteria tertentu/ilustrasi.
Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Pekerja kreatif membuat konten video seorang pegiat media sosial. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menawarkan beasiswa talenta unggul dengan kriteria tertentu/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Berbagai beasiswa menarik diberikan oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Salah satunya beasiswa talenta unggul yang memungkinkan mahasiswa baru mendapatkan potongan SPP sampai lulus semester delapan. 

Selain itu, skema ini juga memberikan kesempatan bagi penerimanya untuk ikut di berbagai kegiatan kepemimpinan. Kemudian mengikuti kegiatan peningkatan kemampuan selama berkuliah di UMM.

Baca Juga

Kepala UPT Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMM, Nurudin mengatakan, semua calon mahasiswa baru memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa talenta unggul. Adapun calon mahasiswa Fakultas Kedokteran akan diberlakukan aturan tersendiri yang sudah disiapkan.

Nantinya, penerima beasiswa akan mendapatkan potongan SPP dari awal kuliah sampai semester delapan. Potongannya juga bervariasi yakni 25 hingga 75 persen tiap semesternya.

Meskipun begitu, mahasiswa juga diharuskan untuk memiliki indeks prestasi (IP) yang stabil, yakni di atas 3,80 tiap semester. Hal itu dimaksudkan agar para mahasiswa yang menerima memiliki tanggung jawab dan usaha keras untuk mempertahankan nilai.

Selain itu, mereka juga akan mendapatkan bebas biaya program Center of Excellence (CoE) yang melahirkan SDM yang siap bekerja. Begitu pula dengan program kepemimpinan yang bisa mereka ikuti secara gratis, bahkan juga untuk kursus bahasa.

Menurut dia, beasiswa ini terbagi menjadi dua skema, yakni lewat jalur akademik dan non-akademik. Untuk akademik, calon mahasiswa mendaftar menggunakan rata rata nilai rapot 80. 

Sementara itu, untuk non-akademik, para pendaftar bisa menggunakan sertifikat atau bukti lain yang memperlihatkan keaktifan di olahraga, organisasi, kepemimpinan, sosial dan lainnya. "Misalnya saja sertifikat hafiz sepuluh juz atau juara kompetisi pencak silat,” kata Nurudin dalam keterangan pers yang diterima Republika.

Di samping itu, jalur non-akademik juga dapat dicoba oleh para kreator konten. Adapun untuk YouTuber harus memiliki subscriber sebanyak 5.000. Sementara itu, mereka yang aktif di Instagram minimal memiliki 10.000 pengikut.

Nurudin mengatakan, hal ini menjadi upaya UMM untuk memberikan pengakuan bagi mereka yang punya karya. Lebih utamanya bagi mereka yang aktif dalam membuat konten kreatif, edukatif, dan positif. 

Adapun pendaftaran jalur prestasi ini akan dibuka hingga 8 Juni 2023 mendatang. Tiap awal bulan akan langsung diumumkan siapa saja yang lolos beasiswa dan jalur ini. "Tahun lalu ada 3.709 pendaftar yang terdiri dari 3.273 jalur akademik dan 432 non-akademik," jelasnya.

Selain beasiswa talenta unggul, UMM juga membuka beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP), beasiswa yatim hingga potongan untuk alumni sekolah Muhammadiyah. Begitu pula dengan beasiswa ulama yakni Program Pendidikan Ulama Tarjih (PPUT), beasiswa saudara kandung, dan lain sebagainya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement