Selasa 07 Mar 2023 14:29 WIB

Pemkot Jakut Dukung Warga Plumpang Rekreasi ke Kapal Perang

Untuk memulihkan trauma, warga korban kebakaran diajak naik KRI Banda Aceh-593.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Warga korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang diajak rekreasi naik ke KRI Banda Aceh-593 yang sedang bersandar di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Selasa (7/3/2023).
Foto: Antara/Akbar Tado
Warga korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang diajak rekreasi naik ke KRI Banda Aceh-593 yang sedang bersandar di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Selasa (7/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Utara (Pemkot Jakut) mendukung rencana rekreasi warga korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Kecamatan Koja, Jumat (3/3/2023) malam WIB, ke kapal perang di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil). Lurah Rawa Badak Selatan, Suhaena mengatakan, aktivitas itu bagus bagi warga untuk pemulihan dari trauma.

"Jadi, dengan senang hati. Supaya warga bisa cepat melupakan trauma ini," ujar Suhaena kepada wartawan di Jakut, Selasa (7/3/2023). Suhaena mengatakan, setiap hari, warga di tempat pengungsian sementara, baik di Markas PMI Jakarta Utara maupun di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Rawa Badak Selatan, sudah banyak mendapat bantuan.

Tidak sedikit berbagai pihak dan juga komunitas untuk menghibur anak-anak pengungsi. Di antaranya, ada Seto Mulyadi (Kak Seto), Badut Indonesia, Tiger Wong, dan penyanyi Kristina. Suhaena merasa bersyukur, karena Kolinlamil juga menurunkan personel dari Psikologi TNI Angkatan Laut untuk menghibur anak-anak di posko pengungsian.

Sebelumnya, Kolinlamil menawarkan rekreasi kapal perang bagi warga korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Kecamatan Koja, sebagai bentuk pemulihan dari trauma. "Kami akan angkut. Kami jemput nanti siapa saja yang mau ikut. Tadi, informasi yang kami terima ada sekitar 90 sampai 150 orang, kami akan siapkan," kata Panglima Kolinlamil, Laksamana Muda (Laksda) Yayan Sofiyan di Markas PMI Jakut.

Yayan menjelaskan, tujuan rekreasi adalah kapal KRI Banda Aceh-593 yang saat ini sedang bersandar di dermaga Markas Kolinlamil. "Rekreasinya antara lain tur kapal (ship touring) dan tur fasilitas (facility touring). Selain pengenalan tentang situasi dan kondisi kapal perang Republik Indonesia," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement