Ahad 05 Mar 2023 21:28 WIB

Jelang Puasa, Sukabumi Gencarkan Gerakan Donor Darah

PDDI diharapkan jadi bagian upaya mendorong warga rutin donor darah agar sehat.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Menjelang bulan puasa, sejumlah elemen masyarakat di Kota Sukabumi menggencarkan gerakan donor darah. (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Menjelang bulan puasa, sejumlah elemen masyarakat di Kota Sukabumi menggencarkan gerakan donor darah. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Menjelang bulan puasa, sejumlah elemen masyarakat di Kota Sukabumi menggencarkan gerakan donor darah. Sebab biasanya pada momen puasa nanti, jumlah warga yang mendonorkan darahnya berkurang dibandingkan sebelumnya.

Upaya donor darah ini digerakkan Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kota Sukabumi, PMI dan pelaku usaha Toserba Yogya pada Sabtu (4/3/2023) lalu. Kegiatan tersebut dilakukan di Lantai tiga Toserba Yogya. ''Kami terus berupaya mendorong gerakan donor darah dan mengapresiasi warga yang mendonorkan darahnya,'' ujar Ketua PDDI Kota Sukabumi sekaligus Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Ahad (5/3/2023). Sebab, berharap PDDI menjadi bagian dari upaya mendorong warga untuk rutin donor darah agar sehat.

Selain itu donor darah juga bagian dari kepedulian kepada sesama yang membutuhkan labu darah. Sehingga menjadi ladang amal kebaikan dan keberkahan.

Fahmi menuturkan, labu darah yang terkumpul dalam kegiatan donor darah ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan warga. Terutama pada momen bulan puasa dan lebaran mendatang.

Wakil Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Sukabumi, Ferry Febriana mengatakan, pihaknya bersama PDDI terus berkolaborasi dalam menggalang donor darah. '' Sehingga stok darah bisa mencukupi kebutuhan warga yang membutuhkan dalam pengobatan,'' cetus dia.

Di mana setiap bulannya kebutuhan labu darah mencapai 1.600 labu darah. Untuk memenuhinya digiatkan gerakan donor darah melibatkan berbagai elemen warga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement