Jumat 03 Mar 2023 13:52 WIB

Halte Harmoni Direlokasi, 12 Rute Transjakarta Berubah Mulai Besok

Halte Harmoni direlokasi ke dua halte temporary mulai besok, 4 Maret 2023.

Rep: Eva Rianti / Red: Friska Yolandha
Sejumlah calon penumpang menunggu bus Transjakarta di Halte Harmoni Transjakarta, Senin (10/10/2022). Sebanyak 12 rute Transjakarta akan mengalami penyesuaian seiring dengan adanya pembongkaran atau relokasi Halte Harmoni, imbas dari pembangunan MRT Fase 2A CP202.
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Sejumlah calon penumpang menunggu bus Transjakarta di Halte Harmoni Transjakarta, Senin (10/10/2022). Sebanyak 12 rute Transjakarta akan mengalami penyesuaian seiring dengan adanya pembongkaran atau relokasi Halte Harmoni, imbas dari pembangunan MRT Fase 2A CP202.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 12 rute Transjakarta akan mengalami penyesuaian seiring dengan adanya pembongkaran atau relokasi Halte Harmoni, imbas dari pembangunan MRT Fase 2A CP202. Penyesuaian atau perubahan rute tersebut mulai beroperasi pada Sabtu (4/3/2023). 

Diketahui, selama pembangunan MRT Fase 2A CP 202, Halte Harmoni direlokasi ke dua halte temporary yang mulanya akan beroperasi mulai 3 Maret 2023 mundur menjadi 4 Maret 2023.

Untuk sementara waktu, halte ini tidak difungsikan sebagai halte transit. Halte Monas, Halte Bundaran HI, dan Halte Juanda-lah yang akan menjadi halte transit pengganti Halte Harmoni. Sehingga ada banyak penyesuaian yang mesti dilakukan agar operasional tetap berjalan.

"PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan penyesuaian rute akibat dampak dari penutupan Halte Harmoni. Penyesuaian rute ini akan mulai diberlakukan pada Sabtu, 4 Maret 2023. Terdapat 12 rute yang akan dilakukan penyesuaian, satu rute yang ditutup, dan dua rute yang tidak berubah," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Apriastini Bakti Bugiansri dalam keterangan resmi, Jumat 

Berikut perincian penyesuaian 12 rute Transjakarta mulai besok.

  1. Koridor 2 rute Pulogadung-Harmoni menjadi Pulogadung-Monas. 
  2. Koridor 2A rute Pulogadung-Rawa Buaya menjadi Pulogadung-Rawa Buaya via Kwitang-Balai Kota-Monas. 
  3. Koridor 2ST rute Juanda-Pecenongan menjadi Juanda-Bundaran HI 
  4. Koridor 3 rute Kalideres-Pasar Baru menjadi Kalideres-Bundaran HI via Veteran, melayani MH. Thamrin 
  5. Koridor 3H rute Jelambar-Kota menjadi Jelambar Kota via RS Sumber Waras-Petojo
  6. Koridor 5C rute PGC-Monas menjadi PGC-Juanda. Keterangan: Juanda menuju ke PGC via Monas-Balai Kota-Kwitang-Pal Putih. 
  7. Koridor 6A Ragunan-Monas menjadi Ragunan-MH. Thamrin via Kuningan
  8. Koridor 6B rute Ragunan-Monas menjadi Ragunan MH. Thamrin via Semanggi
  9. Koridor 7F rute Kampung Rambutan-Harmoni menjadi Kampung Rambutan-Juanda. Keterangan: dari Pecenongan Langsung ke Monas
  10. Koridor 8 rute Lebak Bulus-Harmoni menjadi Lebak Bulus-Pasar Baru via Tomang-Petojo-Pecenongan-Juanda-Pasar Baru.
  11. Koridor 10H rute Tanjung Priok-Blok M menjadi Tanjung Priok-Blok M. Keterangan: tidak berhenti di Harmoni
  12. Koridor JIS3 rute Harmoni-JIS menjadi Harmoni Temporer-JIS. Keterangan: berhenti di Halte Harmoni temporer.

Adapun dua rute Transjakarta yang tidak berubah yakni Koridor 1 rute Blok M-Kota dan Koridor 1A rute Pantai Maju-Balai Kota. Namun, apabila tujuan akhir Harmoni, turun di Halte Harmoni temporer. 

Sementara itu, satu rute yang ditutup yakni Koridor 8A rute Harmoni-Grogol via Tomang. Rute tersebut diganti oleh Koridor 8. Eva Rianti 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement