Kamis 02 Mar 2023 16:08 WIB

Demokrat Sumbar: Masyarakat Sumbar Ingin AHY Jadi Cawapres Anies

Demokrat Sumbar menilai AHY pantas dampingi Anies

Rep: Febrian Fachri, Nawir Arsyad Akbar/ Red: Nashih Nashrullah
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyanyikan lagu bersama dengan bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (2/3).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyanyikan lagu bersama dengan bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (2/3).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG- Ketua DPD Demokrat Sumatra Barat, Mulyadi mengatakan masyarakat arus bawah di Sumatra Barat berharap agar Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono segera diduetkan menjadi pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden. 

Mulyadi menyebut masyarakat Sumbar melihat pasangan Anies-AHY merupakan pasangan yang cocok dan pas di pemilu 2024 mendatang. Karena kedua tokoh ini dinilai sebagai pemimpin muda, cerdas, dan intelektual. 

Baca Juga

"Banyak sekali tokoh-tokoh dan masyarakat di Sumbar yang bertanya kepada Saya, kapan deklarasi Anies-AHY. Mereka menyampaikan Anies-AHY adalah paduan yang sangat serasi dan saling mengisi, Inilah pasangan Capres-Cawapres yg kami rindukan di Sumatera Barat," kata Mulyadi, Kamis (2/3/2023).

Mulyadi menyinggung hasil survei dari Indikator Politik Indonesia yang dirilis hari ini di Padang. Di mana hasil survei tersebut menunjukkan dua nama bakal calon presiden memiliki tingkat popularitas di atas 90 persen yaitu Prabowo Subianto sebesar 97,2 persen dan Anies Baswedan 90,4 persen.

Survei tersebut juga memotret elektabilitas nama-nama bakal calon wakil presiden dan dalam simulasi semi terbuka 17 nama. Hasilnya nama AHY menduduki posisi teratas dengan tingkat elektabilitas 32,8 persen dan Sandiaga Salahuddin Uno di posisi kedua dengan elektabilitas 29,6 persen. Elektabilitas dari nama-nama lain masih belum mencapai 10 persen.

“Hasil survei ini tidak jauh beda dari apa yang saya temui ketika saya datang daerah-daerah di Sumbar. Masyarakat berharap agar duet Anies-AHY sebagai capres dan cawapres pemilu besok, jadi survei itu benar apa adany sesuai dengan hasil apa yang di dapatkan saat bertemu dengan masyarakat," ucap Mulyadi. 

Sementara itu, secara terpisah, Majelis Tinggi Partai Demokrat telah mengambil keputusan terkait sikapnya dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Hasilnya, partai berlambang bintang mercy resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres). 

"Dengan keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat yang telah diambil tadi malam dan dikonfirmasi hari ini langsung kepada beliau Bapak Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan kami usung bersama," ujar Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (2/3/2023). 

Keputusan tersebut menguatkan sikap resmi Partai Demokrat yang dikeluarkan pada 26 Januari 2023. Deklarasi hari ini menegaskan bahwa koalisi pengusungan Anies sebagai bakal capres sudah resmi terbentuk.

"Sebenarnya semangat ini tak terjadi dalam semalam dua malam terakhir, ini proses dialog, pertemuan hati, pertemuan pikiran dan Insya Allah abadi selamanya Mas Anies. Bahwa kita punya niat yang baik, Insya Allah juga akan melakukan cara-cara yang baik," ujar AHY. 

Baca juga: Perang Mahadahsyat akan Terjadi Jelang Turunnya Nabi Isa Pertanda Kiamat Besar?

Jelasnya, rakyat membutuhkan orang-orang seperti Anies yang menghadirkan tujuan besar untuk masa depan Indonesia. 

Khususnya dalam menghadirkan perubahan dan perbaikan lewat kerja sama politik yang disebutnya sebagai Koalisi Perubahan bersama Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

"You are the leader, you are the superstar, and you will command Koalisi Perubahan ini sehingga berlayar dan tidak berlayarnya, seberapa jauh kita berlayar, dan seberapa cepat you will lead us all," ujar AHY.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement