Jumat 24 Feb 2023 18:32 WIB

Pemkot Bogor Kembali Beri Izin Penyewaan Sepeda Listrik

Sepeda listrik bisa disewa dengan jam operasional 05.00-21.00 WIB.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Nora Azizah
Sejumlah warga menggunakan sepeda listrik di pedestrian Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.
Foto: ANTARA/Arif Firmansyah
Sejumlah warga menggunakan sepeda listrik di pedestrian Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kembali memberikan izin sepeda listrik sewaan PT Beam untuk kembali beroperasi. Sepeda listrik sewaan Beam diperkirakan akan kembali mengaspal di Kota Bogor, pada Sabtu (25/2/2023).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Eko Prabowo, mengatakan izin operasional sepeda listrik sewaan ini diberikan setelah Dishub Kota Bogor menggelar rapat evaluasi bersama dengan Jajaran Polresta Bogor Kota, baru-baru ini. “(Berdasarkan hasil rapat) disepakati Sabtu 25 Februari 2023 sepeda Beam kembali beroperasi,” kata Eko, Jumat (24/2/2023).

Baca Juga

Eko menyebutkan, jam operasional sepeda dan skuter listrik berwarna ungu tersebut dibuka pada pukul 05.00 hingga 21.00 WIB. Meski begitu, Eko menekankan, ada beberapa yang harus dipenuhi, yaitu pemasangan label atau stiker yang menandakan PT Beam ini operasionalnya ada di lokasi mana.

Ia mengatakan, pengguna sepeda listrik tidak bisa menggunakan armada tersebut untuk keluar jalur lokasi berdasarkan stiker yang dipasang. Pemkot Bogor pun meminta agar PT Beam melakukan pengawasan dan pengendalian operasionalnya secara ketat dan teratur.

Selain izin operasional, sambung Eko, keberadaan sepeda listrik sewaan PT Beam saat ini juga bakal disebar di setiap kecamatan yang ada di Kota Bogor. Dengan masing-masing 50 unit kendaraan yang akan ditempatkan.

Di samping itu, Eko menegaskan, kebijakan itu dilakukan dengan mengacu pada aturan Permenhub Nomor 45 Tahun 2020 tentang kendaraan tertentu dengan menggunakan penggerak motor listrik. Dia pun mengimbau agar masyarakat dapat kebih tertib dan menjaga keselamatan saat menggunakan sepeda listrik tersebut.

“Titik parkir berada dipintu 3 Kebun Raya Bogor dan Lawang Salapan,” ucap dia.

Sebelumnya, sepeda listrik sewaan PT Beam tidak beroperasi untuk sementara waktu sejak awal Februari 2023. Hal itu disampaikan PT Beam ketika berkoordinasi dan berdiskusi dengan Polresta Bogor Kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement