Kamis 23 Feb 2023 21:00 WIB

PTPN III Kucurkan Bantuan Rp 250 Juta bagi Korban Banjir di Banyuwangi

Bantuan PTPN akan disalurkan kepala desa bagi warga korban banjir

Sebagai bentuk kepedulian, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III Holding menyerahkan tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR kepada korban banjir di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
Foto: PTPN
Sebagai bentuk kepedulian, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III Holding menyerahkan tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR kepada korban banjir di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai bentuk kepedulian, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III Holding menyerahkan tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR kepada korban banjir di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Total dana bantuan yang dikucurkan sebesar Rp 250 juta. Bansos tersebut diperuntukkan kepada warga di Kecamatan Kalibaru dan Kecamatan Glenmore yang November 2022 kemarin, sempat terdampak banjir. 

Bantuan langsung diserahkan oleh Direktur Utama PTPN III (Persero), Mohammad Abdul Ghani kepada Camat Kalibaru, Susanto Wibowo di kantor kecamatan setempat, Kamis (23/2/2023).

“Ini merupakan wujud empati keluarga besar PTPN, semoga apa yang diberikan ini dapat bermanfaat bagi korban bencana banjir,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/2/2023).

Menurutnya, seperti arahan Menteri BUMN Erick Thohir, sebagai badan usaha milik negara tidak hanya sebatas perusahaan yang mencari keuntungan. Namun juga memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Pihaknya berharap bantuan ini dapat meringankan beban para korban bencana banjir yang ada sekitar kawasan PTPN XII itu.

“Kami PTPN III induknya PTPN XII, telah menyerahkan bantuan berupa uang senilai Rp 250 juta untuk membantu para korban yang terkena dampak banjir November kemarin,” ucapnya.

Ghani menyebut, selanjutnya dari pihak kecamatan bersama kepala desa yang akan menyalurkan kepada warga terdampak.

"Jadi disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Tentu kedepan kita akan terus membantu memberikan kontribusi untuk warga sekitar," ucapnya.

Camat Kalibaru Banyuwangi Susanto Wibowo menyampaikan terima kasih atas kepedulian dan bantuan yang diberikan oleh Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) untuk membantu korban banjir yang ada di wilayah Banyuwangi barat.

Ia menyebut, dampak banjir yang terjadi tiga bulan lalu berangsur-angsur telah tertangani. Harapannya, bantuan yang disalurkan akan membantu pembenahan-pembenahan yang belum rampung.

Susanto mengatakan, bantuan itu bakal diserahkan secara langsung kepada kepala desa (kades) dan badan permusyawaratan desa (BPD). Para kades dan BPD dari desa-desa yang sempat terdampak banjir juga turut hadir dalam penyerahan bantuan itu.

"Total ada tujuh desa. Enam desa dari Kecamatan Kalibaru dan satu desa dari Kecamatan Glenmore," sambungnya.

Desa-desa di Kecamatan Kalibaru meliputi Desa Kalibaru Wetan, Kajarharjo, Kalibaru Kulon, Kalibaru Manis, Banyuanyar, dan Kebonrejo. Sementara desa di Kecamatan Glenmore adalah Tegalharjo.

"Peruntukannya nanti terserah desa masing-masing. Karena desa yang tahu apa kebutuhannya," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement