Senin 20 Feb 2023 17:00 WIB

Isyarat Zainudin Amali Mundur dari Jabatan Menpora dan Fokus di PSSI

Zainudin Amali mengklaim Presiden Jokowi sudah setuju dirinya fokus di PSSI.

Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 Erick Thohir (kedua kanan) didampingi Wakil Ketua Zainudin Amali (kedua kiri) dan Ratu Tisha (kiri) tiba di Kantor Presiden seusai bertemu Presiden Joko WIdodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/2/2023). Dalam kesempatan itu Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada pengurus baru PSSI untuk membuat sebuah blueprint atau cetak biru persepakbolaan nasional secara jangka pendek, menengah hingga panjang.
Foto:

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda menilai, posisi Erick Thohir dan Zainuddin Amali di pemerintahan merupakan kewenangan Presiden Jokowi. Sedangkan, status keduanya di PSSI masih menunggu keputusan dari Federasi Sepakbola Dunia (FIFA).

"Selama ini kan kita mendengar bahwa statuta FIFA selalu menyampaikan tidak boleh ada persinggungan langsung antara pihak federasi dan pihak pemerintah. Nah pada konteks ini kita masih nunggu, saya juga masih menunggu pihak FIFA," ujar Huda di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (20/2/2023).

Terkait Zainuddin yang mengatakan bahwa dirinya ingin fokus dalam posisinya di PSSI, hal tersebut tentu menunggu keputusan Jokowi. Termasuk Partai Golkar yang merupakan pengusul Zainuddin sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

"Walaupun ini tidak bahasa eksplisit, tapi secara implisit menurut saya, Istana saya kira mengabulkan atau memberikan jalan kepada Pak Menpora untuk melepas jabatannya sebagai Menpora dan fokus sebagai Waketum PSSI," ujar Huda.

"Tentu secara politik dan administratif politiknya kita tunggu apakah pernyataan Pak Menpora tadi yang menyampaikan Presiden setuju apakah langsung akan difollow up oleh Presiden. Bisa dua hal kan, bisa ad interim atau langsung ditunjuk Menpora baru," sambungnya.

Menurutnya, ada dua langkah yang dapat diambil Jokowi terkait keputusan Zainuddin tersebut. Pertama adalah menunjuk Menpora Ad-interim. Kedua adalah langsung menunjuk Menpora yang baru.

"Beliau ingin concern di bola dan Pak Presiden menyampaikan, tadi kalau dengar ceritanya Pak Zainuddin Amali, (Jokowi) mempersilakan. Artinya tinggal kita tunggu," ujar Huda.

Presiden FIFA Gianni Infantino sudah memberikan ucapan selamat atas terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI 2023-2023. Infantino menegaskan dukungan terhadap kepemimpinan Erick. 

"Terimalah salam dan ucapan selamat atas keberhasilan Anda terpilih sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI). Pengetahuan, kepemimpinan, ditambah semangat serta pengalaman Anda, tidak diragukan lagi dapat memberi dampak besar terhadap perkembangan olahraga indah ini di Indonesia,'' tulis Infantino dalam surat resmi FIFA, Sabtu (18/2/2023).

Secara khusus, Infantino cukup yakin dengan potensi besar yang dimiliki Indonesia dalam mengembangkan sepak bola. Karena itu, sosok asal Swiss itu siap memberikan dukungan besar kepada Erick untuk meningkatkan perkembangan sepak bola di Indonesia.

''Pintu FIFA selalu terbuka lebar apabila Anda ingin berdiskusi tentang perkembangan sepak bola dan mempromosikan nilai-nilai yang terkandung di olahraga tersebut,'' ujar Infantino, melanjutkan.

Pria yang menjabat orang nomor satu di organisasi induk sepak bola internasional itu pun tidak luput memberikan selamat kepada Wakil Ketua Umum dan Anggota Komite Eksekutif PSSI yang terpilih di Kongres Luar Biasa PSSI. 

Infantino pun berharap, PSSI yang berada di bawah kendali Erick Thohir bisa mencapai kesuksesan dalam menjawab semua tantangan yang ada. ''Sudah tidak sabar untuk bisa bertemu dengan Anda lagi,'' lanjut Infantino.

 

photo
Caketum PSSI, Erick Thohir, menjadi kandidat kuat di KLB PSSI 2023 di Hotel Shangri La, Jakarta, pada Kamis (16/2/2023). - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement