Jumat 17 Feb 2023 16:49 WIB

Peneliti Indlkator: Sikap Jokowi Jadi Faktor Pergeseran Dukungan ke Prabowo

Relawan Ganjar melihat peluang Ganjar dicapreskan PDIP sangat kecil.

Bergesernya dukungan Relawan Ganjar ke Prabowo Subianto, dinilai karena melihat peluangnya maju ke Pilpres 2024 semakin kecil. Foto ilustrasi Ganjar Pranowo.
Foto: Republika/Alfian
Bergesernya dukungan Relawan Ganjar ke Prabowo Subianto, dinilai karena melihat peluangnya maju ke Pilpres 2024 semakin kecil. Foto ilustrasi Ganjar Pranowo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Peneliti Indikator Politik Indonesia (IPI) Bawono Kumoro, melihat pembubaran relawan Ganjar Pranowo Mania untuk kemudian beralih memberikan dukungan bagi Prabowo, bukan tidak mungkin mencerminkan kian kecil peluang Ganjar Pranowo maju di Pilpres 2024.

Bawono melihat kecilnya peluang bagi Gubernur Jawa Tengah tersebut untuk dicalonkan PDI Perjuangan. “Melihat realitas politik di internal PDI Perjuangan dimana dukungan terhadap  Ganjar Pranowo dari ketua umum PDI Perjuangan tidak juga menunjukkan tanda-tanda positif,” ungkap Bawono, Jumat (17/2/2023).

Mengenai beralih dukungan mereka dari ganjar ke Prabowo, menurut Bawono, didasarkan pada kecenderungan sikap politik dari presiden Joko Widodo.

Dijelaskannya, beberapa bulan terakhir ini, dalam berbagai kesempatan Jokowi seringkali mempromosikan Prabowo Subianto sebagai bakal capres potensial. “Pilihan memberikan endorse kepada Prabowo Subianto sebagai presiden mendatang merupakan pilihan politik rasional bagi Presiden Joko Widodo,” kata Bawono.

Meskipun pernah menjadi rival pada dua pemilihan presiden terdahulu, menurut Bawono,  tapi Prabowo telah membuktikan kinerja dan dedikasi tinggi selama menjadi Menteri Pertahanan di dalam Kabinet pemerintahan Joko Widodo - Maruf Amin.

Selain itu, berdasar hasil survei Indikator, sepanjang tahun lalu dan juga tahun ini, nama Prabowo Subianto selalu masuk dalam tiga besar bakal calon presiden dengan elektabilitas dua digit tinggi selain juga Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement