Kamis 16 Feb 2023 05:47 WIB

Rocky Gerung Curiga Ada Mobilisasi Aparat Kekuasaan untuk Tunda Pemilu

Menurut Rocky, dinamika politik hari ini diarahkan untuk penundaan pemilu.

Rep: Wahyu Suryana, Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Pengamat Politik, Rocky Gerung. Rocky menilai dinamika politik saat ini mengarah pada penundaan pemilu. (ilustrasi)
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Pengamat Politik, Rocky Gerung. Rocky menilai dinamika politik saat ini mengarah pada penundaan pemilu. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik, Rocky Gerung, mengkritisi suasana politik beberapa waktu terakhir yang disebut cair yang diartikan tidak ada arah. Ia berpendapat, sebenarnya dinamika politik hari ini diarahkan untuk penundaan pemilu.

"Kita lihat kasak-kusuk di bawah, dan semua aparat kekuasaan dimobilisasi untuk penundaan itu, itu bahaya," kata Rocky di Asrama Haji Pondok Gede, Rabu (15/2/2023).

Baca Juga

Ia menilai, kondisi sebenarnya berbahaya kalau kekuasaan tidak percaya kepada dirinya sendiri karena malah bisa dimanfaatkan. Seperti kesederhanaan rakyat atau pengetahuan rakyat yang terbatas tentang politik bisa dimanfaatkan.

Rocky turut mengaitkan mobilisasi yang dimaksud untuk penundaan pemilu itu dengan perpanjangan jabatan yang digaungkan kepala-kepala daerah beberapa waktu terakhir. Bahkan, mendapatkan dukungan dari salah satu partai di DPR RI.

"Bukan termasuk, justru itu (mobilisasinya)," ujar Rocky.

Oleh karena itu, ia menekankan, akan memberikan dukungan kepada partai-partai manapun yang ingin membawa perubahan terhadap bangsa Indonesia. Rocky menegaskan, perubahan itu bukan cuma dari sosok Presiden Joko Widodo (Jokowi), tapi perubahan dari rezim.

Terkait sistem pemilu proporsional tertutup atau terbuka, ia mengaku sudah mendengar info-info yang menyatakan hasilnya akan tertutup. Rocky merasa, di Indonesia proporsional tertutup bisa bagus kalau sistem politiknya terbuka.

"Tapi, kalau sistem politiknya tertutup, di partai tertutup, pemilunya tertutup akan semakin buruk," kata Rocky.

Hal itu disampaikan Rocky Gerung usai menjadi salah satu panelis dalam diskusi panel yang digelar dalam Rakernas I Partai Ummat di Asrama Haji Pondok Gede. Rocky mengisi diskusi panel bersama pengamat politik lain, Chusnul Mar'iyah. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement