Selasa 14 Feb 2023 16:13 WIB

Partai Ummat Nyatakan Dukung Anies Baswedan Sebagai Capres 2024

Anies menilai Partai Ummat bisa menjangkau masyarakat di seluruh Indonesia.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus raharjo
Ketua Majelis Syura Partai Ummat Amien Rais dan Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi usai acara tasyakuran kelulusan partai mereka sebagai peserta Pemilu 2024 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Ahad (1/1/2023).
Foto: Republika/Febryan. A
Ketua Majelis Syura Partai Ummat Amien Rais dan Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi usai acara tasyakuran kelulusan partai mereka sebagai peserta Pemilu 2024 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Ahad (1/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Partai Ummat menyatakan dukungannya untuk Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden 2024. Dukungan ini diberikan Partai Ummat saat gelaran Rakernas I di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (14/2/2023).

Meskipun sudah menyatakan diri mendukung Anies sebagai capres 2024, Partai Ummat belum memutuskan bergabung dengan koalisi partai politik. Ketua Umum Partai Ummat, Ridho Rahmadi mengatakan, aspirasi begitu kuat dari kader-kader di pusat maupun di daerah untuk mencalonkan Anies.

Baca Juga

Intinya, agar Anies Baswedan menjadi salah satu bacapres yang didukung Partai Ummat dalam Pilpres 2024 mendatang. "Kita bisa lihat antusiasme sangat luar biasa," kata Ridho, Selasa (14/2/2023).

Ia menekankan, pemaparan Anies Baswedan dalam Rakernas I Partai Ummat yang berisikan berbagai macam aspek telah menjadi semangat baru bagi mereka. Terlebih, Ridho mengingatkan, Partai ummat sudah dihidupkan sejak 2021.

 

Ridho menganalogikan, jika presidential threshold merupakan tiket bus, Partai Ummat merupakan mesin yang sudah siap untuk mendukung perjalanan Anies. Maka itu, ia menegaskan, Partai Ummat siap untuk mendukung Anies sebagai capresnya.

"Insya Allah siap berjuang, insya Allah siap membersamai perjuangan Pak Anies Baswedan," ujar Ridho.

Saat ini, Anies Baswedan sendiri sudah diusung Koalisi Perubahan yang berisikan partai-partai parlemen seperti Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS. Namun, Ridho mengaku, belum ada keputusan Partai Ummat akan bergabung ke koalisi mana.

"Ini masih dalam tahap-tahap ke depan komunikasi, kita masih konsolidasi internal dulu dalam rakernas, sambil melihat situasi ke depan," kata Ridho.

Usia memberikan pidato kunci, Anies menyampaikan terima kasih sudah diundang dalam Rakernas Partai Ummat yang pertama. Serta, mengucapkan selamat kepada Partai Ummat yang telah dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu 2024 nanti.

Walaupun secara organisasi merupakan partai baru, ia berpendapat, Partai Ummat berisi orang-orang yang sudah berpengalaman. Karenanya, Anies meyakini, Partai Ummat akan bisa berjalan secara optimal menjangkau seluruh masyarakat.

"Saya mendoakan semoga dari hasil rakernas ini akan muncul rencana kerja untuk membuat capaian Partai Ummat di Pemilu 2024 bisa optimal," ujar Anies.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement