Ahad 12 Feb 2023 14:34 WIB

Kain Sasirangan Khas Banjarmasin Tampil di TMII

Kain yang ditampikan memakai pewarna alami dengan konsep earth tone.

Contoh kain Sasirangan di Rumah Sasirangan, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (13/5) (ilustrasi). Kain khas Banjar, Sasirangan, ditampilkan pada peragaan busana bertajuk
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Contoh kain Sasirangan di Rumah Sasirangan, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (13/5) (ilustrasi). Kain khas Banjar, Sasirangan, ditampilkan pada peragaan busana bertajuk "The Colours of Life" di Teater Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Perancang asal Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan, Sandi Agustinus, menampilkan karya dari kain khas Banjar, Sasirangan, pada peragaan busana bertajuk "The Colours of Life" di Teater Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Sandi yang menjadi perancang di bawah binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarmasin telah melakukan rangkaian peragaan busana di Ibu Kota Jakarta. Sandi yang menjadi pemilik Kantan Sasirangan itu di Banjarmasin, Ahad (12/2/2023), menyatakan, telah menampilkan busana dari perajin Sasirangan.

Baca Juga

Kain yang ditampikan memakai pewarna alami dengan mengusung Sasirangan dengan konsep "Earth Tone" yang terdiri dari warna tanah, gunung, lembah, sungai, laut, langit hingga senja.

Sandi beserta para modelnya dari Putra/Putri Sasirangan, Nanang Galuh Banjarmasin serta Putri Pariwisata 2022 menampilkan delapan desain busana di hadapan para undangan yang terdiri dari berbagai kepala daerah se-Indonesia di ajang Karisma Event Nusantara (KEN) Festival 2023. KEN Festival merupakan ajang bergengsi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai upaya menghadirkan agenda daerah yang berkualitas.

KEN Festival yang terdiri dari 110 festival unggulan yang telah dikurasi dan 291 agenda usulan Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia termasuk kegiatan tahunan Banjarmasin, yaitu Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF). BSF menjadi satu langkah strategis dilakukan oleh Dinas Provinsi Provinsi Kalsel bersama Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin untuk memajukan pariwisata di Provinsi Kalimantan Selatan.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menyatakan apresiasi terhadap BSF yang telah masuk dalam agenda KEN Festival 2023. "Kita berterima kasih kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabarekraf) yang telah mendukung BSF masuk ke agenda KEN Festival," ujarnya.

Dia berharap, dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke Kota Banjarmasin.

 

sumber : ANTARA

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement