Rabu 08 Feb 2023 22:05 WIB

DPKP Kabupaten Tangerang Bersiap Panen Bawang Merah

DPKP Kabupaten menggelar kegiatan ubinan yang memperkirakan panen bawang merah.

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Bilal Ramadhan
Pasokan cabai dan bawang melimpah (ilustrasi). DPKP Kabupaten menggelar kegiatan ubinan yang memperkirakan panen bawang merah.
Foto: Dokumentasi Kementan
Pasokan cabai dan bawang melimpah (ilustrasi). DPKP Kabupaten menggelar kegiatan ubinan yang memperkirakan panen bawang merah.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang menggelar kegiatan ubinan (memperkirakan panen) bawang merah di Kelompok Tani Sumber Jaya I Desa Tanjakan Mekar Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, Banten.

Kepala DPKP Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika Sutrisno mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan produksi melalui peningkatan produktivitas (intensifikasi) serta upaya-upaya peningkatan luas tanam seperti melalui peningkatan Indeks Pertanaman (IP).

Baca Juga

"Budidaya bawang merah Varietas Bima Brebes Seluas 10 hektare didukung dengan fasilitas saprodi bibit bawang merah, pupuk, pestisida nabati juga pendampingan budidaya, pengendalian hama organisme pengganggu tumbuhan (OPT) hingga panen," ujar Asep, Rabu (8/2/2023).

Diketahui, hasil ubinan sebesar 12,33 kilogram atau setara dengan produktivitas 19,7 ton/hektare area (ha) dengan konversi berat bersih panen susut 40 persen menjadi 7,8 ton/ha.

Asep juga menjelaskan, selama pelaksanaan kegiatan ini bukan tanpa kendala. Pasalnya tanaman sering terkena serangan hama penyakit. Namun dengan ketelatenan petani dan pendampingan petugas penyuluh pertanian juga petugas POPT, tanaman bawang merah berhasil dipanen dengan hasil yang baik.

Sementara itu, Kepala Seksi Tanaman Pangan Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Sahri menambahkan, kedepannya kegiatan budidaya bawang merah ini akan terus dilakukan sebagai bagian dari usaha tani di kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang.

"Mengingat bawang merah merupakan salah satu komoditas utama yang ditetapkan oleh pemerintah dan produksi  disetiap daerah terus ditingkatkan, guna memenuhi pasokan bawang merah di wilayah Kabupaten Tangerang," katanya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement