Ahad 22 Jan 2023 16:41 WIB

Remaja Tewas Tenggelam Setelah Motornya Terperosok Tepian Irigasi

Korban berhasil ditemukan setelah tenggelam pada Sabtu (21/1/2023) malam.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Agus raharjo
Tim SAR tengah mencari korban tenggelam di Sungai Irigasi Primer Desa Cisumur, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.
Foto: Dok. Basarnas Cilacap
Tim SAR tengah mencari korban tenggelam di Sungai Irigasi Primer Desa Cisumur, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP – Memasuki hari kedua pencarian, Tim SAR Gabungan akhirnya berhasil menemukan korban tenggelam di Sungai Irigasi Primer Desa Cisumur, Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada Sabtu (21/1/2023) Pukul 22.35 WIB.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap Adah Sudarsa, korban dapat ditemukan pada Ahad (22/1/2023) Pukul 13.45 WIB dalam keadaan meninggal dunia.

Baca Juga

"Ditemukan dalam posisi mengapung sejauh 30 meter ke arah hilir dari lokasi kejadian pada koordinat 7°31'26.04'' S 108°50'7.20'' T. Selanjutnya korban di evakuasi menuju Puskesmas Gandrungmangu I untuk dilakukan penanganan lebih lanjut," tutur Adah Sudarsa, Ahad (22/1/2023).

Korban bernama bernama Syarif Ali Muhamad (15 tahun), berjenis kelamin laki-laki asal Tawelan Desa Gandrungmanis Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap. Ia menjelaskan kronologis kejadian tenggelamnya korban.

Berdasarkan laporan yang diterima dari Kasi Trantib Gandrungmangu bahwa pada Sabtu (21/1/2023) diketahui 2 (dua) orang sedang berboncengan mengendarai sepeda motor  di tepian irigasi Desa Cisumur Kecamatan Gandrungmangu.

Namun naas sepeda motor tersebut terperosok sehingga keduanya tercebur kedalam irigasi. Satu orang berhasil dievakuasi oleh masyarakat setempat dalam keadaan selamat. Sementara 1 (satu) lainnya hilang dan dalam pencarian oleh Tim SAR Gabungan. Sejak pagi tadi operasi pencarian telah dilakukan oleh Tim SAR Gabungan dengan dibagi menjadi dua SRU.

SRU 1 melakukan pencarian dengan penyelaman di sekitar lokasi kejadian ke arah hilir sejauh 50 meter. Dan SRU 2 melakukan body rafting di sekitar lokasi kejadian ke arah hilir sejauh 200 meter.

Adapun unsur SAR gabungan yang terlibat diantaranya Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, Polsek Gandrungmangu, Koramil Gandrungmangu, BPBD Sidareja, Satpol PP Gandrungmangi, Damkar Sidareja, Perangkat Desa Cisumur, Petugas Pengairan, SAR MTA, BAGANA, MDMC, Keluarga dan Masyarakat  setempat.

“Dengan telah ditemukannya korban, maka operasi SAR diusulkan untuk ditutup. Terima kasih kepada Tim SAR Gabungan yang telah melaksanakan operasi pencarian dengan maksimal. Selanjutnya unsur SAR yang terlibat dapat kembali ke kesatuannya masing-masing," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement