Jumat 20 Jan 2023 19:45 WIB

Petinggi PKB Sarankan Gibran Fokus ke Solo Terlebih Dulu

PKB terbuka dengan siapa pun, termasuk Gibran.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Teguh Firmansyah
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --- Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, sudah mengungkapkan kesiapan jadi calon gubernur dalam Pilkada 2024. Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Daniel Johan mengaku terbuka dengan siapa pun, meskipun secara internal belum ada pembahasan terkait itu.

"Tapi, tentu PKB sangat terbuka dengan siapapun, termasuk dengan Mas Gibran," kata Daniel di Kantor DPP PKB, Jumat (20/1).

Baca Juga

Terkait sosok Gibran, ia menilai  saat ini masih menjadi Wali Kota Solo. Artinya, Gibran memang harus berbuat yang terbaik untuk Kota Solo, dan ia menyarankan Gibran fokus ke sana terlebih dulu sebelum memikirkan Pilkada 2024.

Daniel berpendapat, untuk persoalan maju sebagai calon gubernur, apalagi di DKI Jakarta atau tidak, harus jelas dulu kesediaan dari Gibran. Setelah itu, Gibran harus membangun komunikasi yang baik dengan parpol-parpol untuk mengusungnya.

Ia menerangkan, belum adanya pembahasan terkait Gibran Rakabuming dikarenakan PKB saat ini memang sedang fokus ke Pemilihan Legislatif (Pileg). PKB, lanjut Daniel, baru akan membahas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setelah Pileg.

"Ya kalau memang, karena kita PKB terbuka, ya mungkin nanti Mas Gibran harus mampir-mampir ke PKB," ujar Daniel.

Meski begitu, Daniel kembali menekankan, Gibran harus menunjukkan dulu menjadi sosok yang berhasil sebagai wali kota Solo. Ia mengungkapkan, sampai saat ini secara internal PKB belum ada nama-nama yang diproyeksikan di DKI maupun Jateng.

Sebelumnya, putra Presiden Joko Widodo yang kini menjabat wali kota Solo, Gibran Rakabuming, mengaku siap saja jika diusung menjadi calon gubernur pada Pilkada 2024. Termasuk, siap jika dipercaya Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Walau sudah mengungkapkan kesiapan, Gibran masih belum mau blak-blakan terkait kesiapannya tersebut. Namun, Gibran sudah menyatakan ketertarikan ke Jawa Tengah dan DKI Jakarta, dan siap meneruskan program-program dari gubernur sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement