Jumat 23 Dec 2022 12:25 WIB

KAI: 38 Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Saat ini volume penumpang kereta api mengalami peningkatan yang sangat signifikan

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Penumpang Kereta Api Taksaka menunggu kedatangan kereta di Stasiun Gambir, Jakarta. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Penumpang Kereta Api Taksaka menunggu kedatangan kereta di Stasiun Gambir, Jakarta. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menyampaikan sebanyak 38 ribu penumpang kereta api berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada Jumat (23/12/2022) atau H-2 Natal 2022. Keterangan ini disampaikan Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa.

"Saat ini, volume penumpang mulai mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Berdasarkan data penjualan tiket tercatat volume penumpang berangkat pada Jumat, 23 Desember 2023 merupakan angka volume tertinggi pada masa Nataru," kata dia.

Baca Juga

Eva menyampaikan,secara total terdapat sekitar 38 ribu penumpang yang mana 16 ribu tiket terjual untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dengan layanan operasional 38 perjalanan KA. Sedangkan, 22 ribu lainnya merupakan tiket terjual keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan operasional 32 perjalanan KA.

Ia mengatakan jumlah tersebut masih mungkin mengalami peningkatan mengingat penjualan tiket untuk keberangkatan hingga KA terakhir pada hari ini masih dibuka. Eva menjelaskan secara keseluruhan total tiket Nataru yang disediakan dari KAI Daop 1 Jakarta selama 20 hari masa Nataru dari 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023 mencapai 736.406 tiket.

 

Sampai dengan Jumat ini, pemesanan tiket Nataru keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual sekitar 287 ribu untuk keberangkatan 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023. Adapun jumlah penjualan tiket tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung secara online.

Sementara jika melihat berdasarkan tanggal yang paling banyak diminati berdasarkan tanggal keberangkatan KA terjadi mulai tanggal 22-31 Desember 2022, pada kurun waktu 10 hari tersebut dari ketersediaan tiket sebanyak 409.212 sekitar 240.500 telah terjual. KAI Daop 1 Jakarta mengingatkan kembali kepada seluruh pengguna jasa agar memperhatikan aturan vaksin terbaru yang berlaku saat ini.

"Khususnya perubahan aturan pada usia anak 6-12 tahun di mana saat ini anak pada usia tersebut yang belum divaksin tetap dapat naik kereta api dengan syarat memiliki surat keterangan," kata Eva.

Lebih lanjut Eva menyampaikan, KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan. Untuk diketahui, tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 sudah dapat dipesan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih.

Pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI juga diimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal 1 jam sebelum keberangkatan KA. "Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS," terang Eva.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement