Jumat 09 Dec 2022 12:37 WIB

Gusti Putri Pakualam, GKR Hemas, Hingga Mensesneg Hadiri Rangkaian Siraman Erina

Hemas mengatakan, Kaesang-Erina sempat ke Keraton Yogyakarta belajar prosesi siraman.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita
Ilustrasi Suasana di rumah Erina Gudono
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Ilustrasi Suasana di rumah Erina Gudono

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Rangkaian upacara siraman calon menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Erina Sofia Gudono, dimulai sejak Jumat (9/12/2022) pagi. Sejumlah tamu undangan terlihat hadir.

Berdasarkan pantauan Republika, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno terlihat hadir bersama istrinya Siti Faridah. Hadir pula Istri Sultan Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, dan Permaisuri Kadipaten Paku Alam Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati Paku Alam (Gusti Putri).

Baca Juga

GKR Hemas mengatakan bahwa sebelumnya keduanya sudah mengunjungi Keraton Yogyakarta untuk belajar bagaimana prosesi siraman yang benar sesuai adat Yogyakarta. Menurutnya, acara sudah berjalan sesuai harapan.

"Saya kira kemarin sudah ke keraton Jogja juga menanyakan bagaimana prosesi yang benar upacara siraman, dan saya sudah menyampaikan banyak informasi tapi saya kira ini sudah berjalan sesuai harapan kita. Semoga semuanya lancar," kata Hemas.

Ia juga mengaku bangga masih ada anak muda yang mau melestarikan tradisi. "Saya kira ini sangat luar biasa dan membanggakan buat kita semua bahwa generasi muda masih nguri-nguri (melestarikan) kebudayaan," ujarnya. 

GKR Hemas dan Gusti Putri terlihat dipersilakan untuk memasuki kediaman Erina usai keluarga melakukan prosesi cethik geni dan adhang sepisan. Keduanya terlihat ikut dalam upacara Majang Pasarean. 

Setelah itu keduanya juga terlihat ikut duduk di samping ibunda Erina, Sofiatun Gudono dalam prosesi sungkeman. Erina juga meminta restu juga kepada GKR Hemas dan Gusti Putri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement