Sabtu 03 Dec 2022 17:46 WIB

Gempa M 6,4 Guncang Garut, BPBD: Sementara Aman

BPBD Garut masih melakukan pemantauan ihwal dampak gempa bumi

Rep: Bayu Adji P./ Red: Christiyaningsih
Ilustrasi Gempa
Foto: Pixabay
Ilustrasi Gempa

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6,4 terjadi di Kabupaten Garut, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (3/12/2022). Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di darat dengan kedalaman 118 kilometer.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Satria Budi, mengatakan sementara ini kondisi di daerahnya masih aman. Namun, pihaknya masih melakukan pemantauan ihwal dampak gempa bumi tersebut.

Baca Juga

"Belum ada laporan. Mudah-mudahan teu aya nanaon (tidak ada apa-apa)," kata dia saat dikonfirmasi Republika, Sabtu sekitar pukul 17.30 WIB.

Berdasarkan pengamatan Republika, guncangan gempa bumi itu dirasakan hampir di seluruh wilayah selatan Jabar. Di Kota Tasikmalaya, guncangan gempa bumi juga membuat barang-barang di dalam rumah bergoyang.

 

Sejumlah masyarakat di Kota Tasikmalaya sempat keluar rumah akibat guncangan tersebut. Namun, tidak terjadi kepanikan yang berlebihan.

Tak hanya di Tasikmalaya, guncangan gempa bumi itu juga dirasakan di wilayah Pangandaran, Ciamis, bahkan hingga ke Bandung. Namun, BMKG menyebutkan gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement