Selasa 15 Nov 2022 10:42 WIB

Presiden Dewan Eropa Minta Rusia Hentikan Perang

KTT G20 menjadi momen semua negara satu suara mendorong perdamaian.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih
The President of the European Council, Charles Michel memberikan keterangan pers sebelum mengikuti KTT G20, Selasa (15/1).
Foto: Republika/Intan Pratiwi
The President of the European Council, Charles Michel memberikan keterangan pers sebelum mengikuti KTT G20, Selasa (15/1).

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Presiden Dewan Eropa Charles Michel meminta pihak Rusia untuk segera mengakhiri perang. Ia menilai momen KTT G20 ini menjadi momen yang tepat untuk semua satu suara mendorong perdamaian.

Charles mengatakan perang membuat stabilitas dunia menjadi terganggu dan menghambat pertumbuhan ekonomi global.

Baca Juga

"Perang ini sangat mempengaruhi kita semua. Mempengaruhi segala aspek. Dan satu-satunya cara terbaik untuk mengakhiri krisis akut pangan dan energi adalah Rusia mengakhiri perang," ujar Charles saat menggelar Konferensi Pers di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).

Akibat perang ini, kata Charles jumlah orang yang menghadapi kelaparan parah dan kekurangan gizi meningkat. "Perang ini menggangu ketahanan pangan serta rantai pasok dunia," kata Charles.

Ia berharap pada pertemuan G20 ini bisa menjadi forum bersama untuk bisa mendorong Rusia menghentikan perang. Dia mengatakan meski Presiden Rusia Vladimir Putin tak datang tak lantas menyurutkan semangat perdamaian.

"Forum ini menjadi momen yang baik untuk mendorong perdamaian. Saya berharap semua negara G20 bisa mendesak Rusia untuk mengakhiri perang," ucap Charles.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement