Selasa 01 Nov 2022 02:00 WIB

Siaran TV Analog dan Digital, Apa Bedanya?

Setidaknya, ada enam perbedaan siaran TV analog dan digital.

Karyawan memeriksa kualitas set top box (STB) INTI DVBT2 di PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero), Kota Bandung, Jumat (10/6/2022). Pemerintah telah membagikan STB kepada sebagian warga miskin menjelang peralihan siaran TV analog ke digital.
Foto:

Sementara siaran digital, perangkat televisi tidak perlu berada dekat dengan menara pemancar untuk mendapatkan gambar yang bersih dan suara yang jernih. Keempat, dari segi teknis, siaran analog menggunakan pancaran dengan modulasi langsung pada pembawa frekuensi.

Pada siaran digital, data akan dibuat dalam kode digital, setelah itu, baru dipancarkan. Kelima, perbedaan teknologi yang digunakan membuat siaran analog masih terdapat gangguan atau noise, sementara pada siaran digital, tayangan bersih dan suara jernih.

Terakhir, biaya penyiaran yang dibutuhkan pada siaran analog lebih tinggi dibandingkan siaran digital. Pemerintah dan penyelenggara multipleksing saat ini terus mendistribusikan perangkat set top box kepada warga miskin di berbagai daerah menjelang migrasi ke siaran digital.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement