Senin 31 Oct 2022 18:26 WIB

Soal Terbakarnya Kapal Ferry di Kupang, Ini Catatan Pakar Maritim

Tragedi terbakarnya kapal ferry di Kupang mengundang banyak tanda tanya

Ilustrasi Kapal ferry Tenggelam. Tragedi terbakarnya kapal ferry di Kupang mengundang banyak tanda tanya
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi Kapal ferry Tenggelam. Tragedi terbakarnya kapal ferry di Kupang mengundang banyak tanda tanya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Tragedi kembali terjadi pada moda angkutan laut. Kapal Ferry Cepat Express Cantika Lestari 77 rute Kupang-Kalabahi mengalami kebakaran pada Senin (24/10/2022) lalu. 

 

Baca Juga

Kapal Ferry Cepat Express Cantika Lestari 77 berangkat dari Pelabuhan Tenau Kupang pada pukul 13.30 WITA. Kapal yang memuat ratusan penumpang, dengan 10 anak buah kapal (ABK) dan muatan 1 ton, terbakar dekat Perairan Amfoang, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

 

 

Dari peristiwa itu, sebanyak 320 penumpang berhasil diselamatkan, 18 korban meninggal dunia dan sekitar 20 penumpang belum ditemukan.  

 

Peristiwa terbakar Kapal Ferry Cepat Express Cantika Lestari 77 mendapat perhatian dari banyak kalangan masyarakat dan salah satunya dari pengamat Maritim-Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas Strategic Centre (IKAL SC) Capt  Marcellus Hakeng Jayawibawa.  

 

"Saya prihatin dengan peristiwa terbakarnya Kapal Ferry Cepat Express Cantika Lestari 77 hari Senin lalu. Namun saya tidak ingin berkesimpulan terkait penyebab terbakarnya kapal Ferry tersebut terlebih dahulu. Karena itu ranah dari pihak KNKT dan kepolisian. Bahkan kepolisian saat ini sedang melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kapal yang tenggelam di laut dan kru kapal. Karena investigasi terjadinya kecelakaan atau kebakaran tersebut dilakukan untuk perbaikan sistem bukan semata untuk menghukum," kata Capt Hakeng, di Jakarta, Senin (31/10/2022). 

 

Namun demikiian ada hal yang menarik Hakeng untuk menjadi perhatian, yakni mengenai manifes dari jumlah penumpang kapal Ferry Express Cantika Lestari 77.  

Baca juga: Dihadapkan 2 Pilihan Agama Besar, Mualaf Anita Yuanita Lebih Memilih Islam

 

Berdasarkan info dari Kepala Cabang PT Pelayaran Darma Indah Kupang Syeren Patrisia, kepada sejumlah wartawan, Rabu (26/10/2022) dikatakan jumlah penumpang sebanyak 226 penumpang setelah manifes diisi keesokan harinya saat kapal dinyatakan terbakar. Kapasitas Kapal Ferry Cepat Express Cantika Lestari 77 berjumlah 416 orang penumpang.  

 

"Lalu, mengapa ketika tim penolong melakukan penyelamatan berhasil mengevakuasi sekitat 326 penumpang dan menemukan sekitar 18 jenazah dan bahkan masih ada korban yang belum ditemukan kisaran duapuluhan penumpang?" katanya.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement