Rabu 26 Oct 2022 01:13 WIB

PDPI Imbau Masyarakat Tetap Disiplin Pakai Masker untuk Cegah XBB

Masyarakat tidak boleh lengah karena saat ini status pandemi Covid-19 belum dicabut.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin memakai masker guna menekan risiko penularan Covid-19 varian XBB.
Foto: Republika/Mardiah
Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin memakai masker guna menekan risiko penularan Covid-19 varian XBB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin memakai masker guna menekan risiko penularan Covid-19 varian XBB. "Cegah penyebaran varian XBB dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk penggunaan masker," kata Agus Dwi Susanto dihubungi di Jakarta, Selasa (25/10/2022).

Agus menambahkan, masyarakat tidak boleh lengah karena saat ini status pandemi belum dicabut. "Jangan lengah, saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, tetap terapkan protokol kesehatan, gunakan masker, cuci tangan teratur dengan air mengalir dan sabun atau cairan khusus pembersih tangan dan tetap menjaga jarak atau menghindari kerumunan," katanya.

Baca Juga

Agus yang merupakan dokter spesialis paru itu menambahkan, masyarakat juga perlu melengkapi diri dengan vaksinasi Covid-19 mulai dari dosis pertama hingga dosis penguat. "Selain protokol kesehatan, masyarakat kami ingatkan untuk perlu melengkapi diri dengan vaksinasi mulai dari dosis pertama hingga booster," katanya.

Dia mengatakan, vaksinasi Covid-19 hingga dosis penguat atau booster sangat diperlukan guna mencegah risiko gejala berat dan risiko rawat inap. "Kami mengajak masyarakat untuk segera melengkapi diri dengan vaksinasi guna memperkecil risiko terinfeksi atau kalaupun terinfeksi maka mencegah risiko gejala berat," katanya.

 

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Suprapto juga mengingatkan pentingnya protokol kesehatan. "Dengan ditemukannya virus Covid-19 varian XBB maka masyarakat diingatkan bahwa pandemi belum berakhir sehingga masih perlu memperkuat prokes," katanya.

Kemenko PMK, kata dia, terus mengajak dan mengingatkan masyarakat untuk terus menjaga kebugaran, daya tahan tubuh, dan memelihara kebersihan diri. "Masyarakat harus disiplin menerapkan cuci tangan pakai sabun dan pakai masker dengan cara yang baik dan benar. Ganti masker secara teratur dan buang masker bekas pakai di tempat sampah," katanya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement