Kamis 20 Oct 2022 17:34 WIB

Bantah Anies, Pengamat: Banyak Figur Cocok Jadi Cawapres Anies

Anies dan Nasdem tidak terburu-buru mencari pasangan. 

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Agus Yulianto
Pengamat Politik Ujang Komarudin memberikan paparan ketika menjadi narasumber dalam sebuah diskusi.
Foto: Prayogi/Republika.
Pengamat Politik Ujang Komarudin memberikan paparan ketika menjadi narasumber dalam sebuah diskusi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin menanggapi, terkait bakal calon presiden dari Partai Nasdem, Anies Baswedan mengungkapkan ada tiga kriteria dalam mencari bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk mendampinginya di Pilpres 2024. Menurut dia, semua figur berpeluang untuk berpasangan bersama Anies Baswedan.

"Bicara soal peluang siapa yang menjadi Cawapres dan akan mendampingi Anies. Siapa saja bisa berpeluang termasuk Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Khofifah. Yang penting kan kriteria sesuai yang Anies inginkan dan disepakati partai Nasdem," katanya saat dihubungi Republika pada Kamis (20/10/2022).

Baca Juga

Dikatakan dia, kelihatannya Anies dan Nasdem tidak terburu-buru mencari pasangan. Sebab, sampai saat ini, belum sesuai dengan kriteria.

"Kriteria belum ada. Nasdem berkoalisi sama siapa juga belum jelas. Bagaimanapun Cawapres nantinya pasti sesuai persetujuan yang mengusung Anies," kata dia.

Dia menambahkan, untuk memilih Cawapres sangat berhati-hati karena Cawapres itu nantinya juga berkontribusi untuk kemenangan di Pilpres 2024. "Ya bisa saja Cawapresnya juga AHY kalau nantinya koalisi sama partai Demokarat. Semua serba mungkin saja," kata dia.

Sebelumnya diketahui, Bakal calon presiden dari Partai Nasdem, Anies Baswedan mengungkapkan ada tiga kriteria dalam mencari bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk mendampinginya di Pilpres 2024. Namun, menurut Anies, belum ada sosok yang memenuhi tiga kriterianya dalam memilih pendamping di Pilpres 2024.

"Saya rasa tidak ada ketentuan, tapi saya melihat tiga kriterianya, satu, memberikan kontribusi dalam pemenangan. Kedua, membantu memperkuat stabilitas koalisi. Ketiga, bisa membantu dalam pemerintahan yang efektif," kata Anies setelah menghadiri acara launching program 'NasDem Memanggil' di NasDem Tower Menteng, Jakarta Pusat, Senin (17/10).

"Tiga ini yang menjadi faktor dan memang belum ada," kata Anies melanjutkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement