Jumat 14 Oct 2022 06:01 WIB

Sambut Muktamar, LPCR PP Muhammadiyah Gelar Eduwisata TOUR DE CARA

Acara ini diharapkan jadi sarana saling menginpirasi PCM/PRM daerah asal penggembira.

Rep: My43/ Red: Fernan Rahadi
Eduwisata TOUR DE CARA yang akan digelar Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting Pimpinan Pusat (LPCR PP) Muhammadiyah pada 12-18 November 2022 mendatang.
Foto: Facebook LPCR PP Muhammadiyah
Eduwisata TOUR DE CARA yang akan digelar Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting Pimpinan Pusat (LPCR PP) Muhammadiyah pada 12-18 November 2022 mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA --- Untuk menyemarakkan kegiatan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 yang akan digelar di Solo, Jawa Tengah, Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting Pimpinan Pusat (LPCR PP) Muhammadiyah akan mengadakan Eduwisata TOUR DE CARA pada 12-18 November 2022 mendatang. 

"Diadakannya TOUR DE CARA ini untuk memeriahkan Muktamar Muhammadiyah dan Aiyisyah ke-48 di Surakarta bulan depan," ujar Koordinator Penyelenggara TOUR DE CARA, Muhammad Zulfi Ifani, saat dihubungi Republika, Kamis (13/10/2022). 

Tujuan dari TOUR DE CARA adalah untuk memeriahkan Muktamar ke-48, sekaligus memberikan edukasi dan inspirasi bagi para penggembira Muktamar dari seluruh Indonesia, bahwa di sekitar Solo Raya dan DIY ada banyak Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) yang maju dan unggul, sehingga dapat diambil inspirasinya untuk pengembangan PCM/PRM di tempat asal penggembira.

Fani menjelaskan, Eduwisata TOUR DE CARA adalah program mengunjungi PCM dan PRM unggulan di sekitar Solo Raya dan DIY selama Muktamar berlangsung pada 18-20 November 2022. Acara ini, ujar Fani, juga merupakan bentuk partisipasi dari LPCR PP Muhammadiyah pada tahun 2022, untuk memberikan edukasi bagi para penggembira Muktamar dari seluruh Indonesia. 

"Jadi PCM/PRM yang bersedia untuk dikunjungi para penggembira itu telah mendaftar ke kami," tutur Fani.

Fani menyebutkan, total terdapat 18 PCM/PRM yang telah bersedia untuk dikunjungi rombongan penggembira. PCM dan PRM yang dikunjungi berfokus pada wilayah sekitar Solo Raya dan Daerah Istimewa Yogyakarta, karena dirasa banyak PCM dan PRM di daerah tersebut yang unggul.  

"Di daerah Solo Raya dan Daerah Istimewa Yogyakarta ini banyak PCM dan PRM yang unggul dan maju," katanya. Data keseluruhan PCM/PRM tersebut dapat diakses di tautan https://bit.ly/datatourdecara (Nama PCM/PRM, Titik Gmaps, CP+WA, Data Keunggulan, dan seterusnya) 

Ia mengharapkan, acara TOUR DE CARA ini menjadi sarana untuk dapat saling menginpirasi PCM/PRM daerah asal penggembira. Sehingga PCM/PRM lainnya dapat lebih maju dan berkembang dalam memberikan edukasi dan inspirasi. 

Beberapa PCM/PRM yang akan dikunjungi oleh penggembira di antaranya PRM Pandowan Galur Kulonprogo, PCM Kotagede Yogyakarta, Gedung Dakwah Muhammadiyah Keraton, PCM Delanggu Klaten, Gedung Muhammadiyah Darul Arqom, dan lain-lain. Rombongan Penggembira dapat melihat keseluruhan lokasi PCM/PRM di TOUR DE CARA berbasis Google Maps melalui tautan https://bit.ly/gmapstourdecara

"TOUR DE CARA ini acara yang terbuka umum, terutama bagi para penggembira agar bisa mendapatkan lebih banyak edukasi dan saling menginspirasi. Sehingga nantinya diharapkan edukasi yang ditawarkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat," kata Fani menambahkan. 

LPCR PP Muhammadiyah juga telah menyebarkan poster informasi seputar acara yang dapat dilihat oleh masyarakat luas melalui media sosial, seperti instagram dan facebook.  Dalam informasi tersebut, di antaranya berisi tentang jadwal tempat, tanggal, dan lokasi diadakan TOUR DE CARA, dimana informasi yang disediakan cukup lengkap. 

"Perwakilan rombongan penggembira dapat menghubungi narahubung yang telah tercantum di poster untuk menjadwalkan kunjungan," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement