Senin 19 Sep 2022 19:28 WIB

Wapres: Prof Azyumardi Azra tak Kenal Lelah Tebar Ilmu dan Inspirasi

Almarhum adalah akademisi berkaliber dunia.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Teguh Firmansyah
Warga mengisi buku tamu saat bertakziah ke rumah duka almarhum Azyumardi Azra di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Ahad (18/9/2022) malam. Ketua Dewan Pers 2022 - 2025 Azyumardi Azra wafat di Malaysia karena serangan jantung dan juga positif COVID-19.
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Warga mengisi buku tamu saat bertakziah ke rumah duka almarhum Azyumardi Azra di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Ahad (18/9/2022) malam. Ketua Dewan Pers 2022 - 2025 Azyumardi Azra wafat di Malaysia karena serangan jantung dan juga positif COVID-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan duka cita dan belasungkawa mendalam atas meninggalnya Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra, Ahad (18/9) kemarin.  Kiai Ma'ruf mengenang Guru Besar Universitas Islam Syarif Hidayatullah Jakarta ini sebagai sosok akademisi berkaliber dunia yang ide dan pemikirannya sangat mencerahkan masyarakat luas.

"Almarhum adalah akademisi berkaliber dunia, pengabdian, karya, gagasan dan pemikirannya sangat mencerahkan, terutama pada sejarah kebudayaan Islam yang menjadi bidang kepakarannya," kata Kiai Ma’ruf dalam keterangan persnya, Senin (19/9).

Baca Juga

Wapres Ma'ruf juga menyebut Prof Azyumardi Azra sebagai intelektual yang sangat responsif dan kontributif dalam dinamika pengembangan zaman, khususnya di bidang keilmuan. "Almarhum sangat responsif dan kontributif terhadap dinamika perkembangan zaman, bahkan tidak kenal lelah menebar ilmu dan memberi inspirasi," ujar Wapres.

Wapres pun mendoakan almarhum Prof Azyumardi Azra mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan segala karyanya terus bermanfaat bagi masyarakat. “Semoga Allah Ta’ala menerima amal ibadahnya, dihapuskan segala khilafnya, dan diberikan tempat yang paling mulia di sisi-Nya. Semoga segala karya-karyanya terus memberikan maanfat bagi bangsa Indonesia,” kata dia.

Prof. Azyumardi Azra meninggal dunia karena sakit di Hospital Serdang Selangor Malaysia pada Ahad (18/09/2022) sekitar pukul 12.30 waktu setempat. Semula Azyumardi Azra di Malaysia akan menjadi narasumber pada acara Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang diselenggarakan oleh Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) di Selangor, Malaysia pada Sabtu (17/09/2022). Namun, ia mengalami sesak napas dan harus dilarikan ke rumah sakit saat dalam penerbangan ke Malaysia.

Rencananya jenazah Prof. Azyumardi Azra yang pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Wakil Presiden dan Staf Khusus Wakil Presiden di masa Wapres Jusuf Kalla ini akan diterbangkan Senin malam ini dari Malaysia dan setelahnya disemayamkan di Kampus UIN Jakarta. Kemudian akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta pada Selasa (20/09/2022) esok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement