Kamis 01 Sep 2022 15:09 WIB

Hari Konservasi Alam, Pertamina Lepas Liar Total 813 Ekor Penyu di Pantai Sodong Cilacap

Pertamina telah empat kali memperingati Hari Konservasi Alam Nasional

Pertamina kembali melakukan pelepasliaran penyu di pantai Sodong, Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap.
Foto:

Ketua Kelompok Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap, Jumawan, merespons baik bantuan dan program yang dijalankan Pertamina. Menurutnya program tersebut telah menghidupkan ribuan ekor penyu yang dikembalikan ke habitatnya.

“Peran Pertamina sangat penting, menjadikan kawasan konservasi ini sebagai sarana edukasi kepada masyarakat untuk mengenal lebih jauh tentang penyu. Kami juga sering menerima kunjungan dari wisatawan umum, rombongan keluarga, anak-anak TK, akademisi sebagai lokasi penelitian, dan beberapa di antaranya melaksanakan skripsi tentang pelestarian atau konservasi penyu di sini,” tuturnya.

Jumawan menambahkan Presiden Joko Widodo juga sempat melakukan pelepasliaran penyu di lokasi konservasinya pada 21 September 2021. “Kami ucapkan terima kasih kepada Pertamina. Dengan adanya program ini kami kembali menghidupkan ikon wisata Cilacap yaitu penyu,” kata Jumawan.

Dia menambahkan Kelompok Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap juga membuka kesempatan kepada masyarakat umum untuk terlibat dalam perilisan penyu. “Kegiatan perilisan penyu ini disebut dengan adopsi penyu. Perilisan untuk umum biasanya dilaksanakan setiap Sabtu dan Ahad dengan biaya adopsi penyu Rp 50 ribu/ekor untuk usia tukik satu bulan, yang nantinya digunakan untuk pemenuhan kegiatan operasional pakan penyu yang cukup besar. Kegiatan adopsi penyu ini diinformasikan melalui platform Instagram dengan akun @konservasi_penyu_cilacap,” jelas Jumawan.

Wujud Komitmen ESG dan Kontribusi Terhadap SDGs

Secara terpisah, Area Manager Communication, Relations, & CSR Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga Brasto Galih Nugroho menuturkan pelestarian keanekaragaman hayati merupakan salah wujud dari penerapan komitmen ESG (Environment, Social, Governance) yang dijalankan Pertamina. 

“Selain itu program ini juga ikut berkontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), utamanya pada poin 4 (Pendidikan Berkualitas), poin 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi), poin 14 (Ekosistem Lautan), dan poin 17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan),” kata Brasto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement