Senin 22 Aug 2022 21:06 WIB

Sebagian Besar Air Minum Isi Ulang Jaktim tak Penuhi Standar Higienis

Hasil pemeriksaan baku air Labkesda DKI Jakarta ungkap kualitas air minum isi ulang.

Depot air minum isi ulang (Ilustrasi). Berdasarkan hasil pemeriksaan baku air di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) DKI Jakarta, sebagian besar air minum dari depot isi ulang di Jakarta Timur (Jaktim) tidak memenuhi standar higienis baku air yang layak.
Foto:

Air minum dalam kemasan

Dalam kesempatan terdahulu, Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) DKI Jakarta, Suci F Tanjung, menyoroti tingginya konsumsi air minum dalam kemasan yang kian mengkhawatirkan. Selain sampah plastik yang meningkat, ketergantungan itu juga dinilainya menghilangkan sumber air dari masyarakat sekitarnya.

"Pemerintah punya kewajiban menjamin air tersebut tersedia setiap saat dan terjangkau," kata Suci kepada Republika.co.id, Senin (1/8/2022).

Suci mengingatkan agar segala hal yang sekiranya dapat menghambat pemenuhan hak masyarakat terhadap air bersih  harus ditanggulangi dengan segera. Hal itu termasuk soal tingginya biaya layanan air pada warga.

Suci menyambut baik, rencana Pemprov DKI melalui BUMD PAM Jaya yang akan melakukan pipanisasi layanan air langsung minum di sebagian wilayah Jakarta. Meski demikian, dia meminta DKI bisa memastikan air langsung minum itu nantinya benar-benar layak minum.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement