Senin 15 Aug 2022 11:16 WIB

Kelar Bersolek, Tebet Eco Park Buka Lagi Mulai Hari Ini

Tebet Eco Park kembali dibuka setelah dua bulan tutup.

Anak-anak bermain di area Tebet Eco Park, Jakarta, Senin (15/8/2022). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka kembali Tebet Eco Park setelah ditutup sementara sejak Juni 2022 untuk perbaikan dan perawatan fasilitas taman.
Foto:

TEP semakin terlihat asri dengan adanya kolam ikan yang kecil dan bersih berada di tengah taman. Lalu, jembatan untuk berjalan (broadwalk bridge) setinggi 60 cm di atasnya berfungsi untuk menghindari banjir.

photo
Seorang anak mencoba fasilitas olahraga di Tebet Eco Park, Jakarta, Senin (15/8/2022). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka kembali Tebet Eco Park setelah ditutup sementara sejak Juni 2022 untuk perbaikan dan perawatan fasilitas taman. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

Di samping kolam ikan juga ada area barbeku yang dilengkapi dengan bangku kayu yang masih terlihat baru dan belum digunakan. Untuk kebersihan di kawasan TEP, sejumlah petugas terlihat membersihkan toilet dan juga menyapu daun kering yang berceceran di area taman.

Sementara itu, jika melihat di luar kawasan TEP, sejumlah petugas keamanan dengan tegas mengarahkan para pedagang kaki lima (PKL) untuk berjualan di area yang sudah ditentukan. TEP seluas 7,3 hektare ini resmi dibuka sebelumnya pada 23 April 2022 sebagai salah satu taman hijau yang baru di DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, pada Juni lalu mengatakan, Tebet Eco Park ditutup sementara karena pengunjungnya jauh melebihi kapasitas. Menurut dia, taman yang dirancang untuk delapan hingga sembilan ribu orang itu telah didatangi hingga 60 ribu orang dalam satu hari.

"Kesempatan menikmati taman menjadi sangat berkurang karena kepadatan yang ekstrem," kata Anies di Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Anies mengatakan, dengan adanya masalah yang mencuat sebelumnya, maka pihaknya harus menata ulang pengelolaan Tebet Eco Park. Sebab, tujuan awal pembangunan Tebet Eco Park difokuskan agar warga bisa menikmati suasana taman dan hutan kota serta mendapatkan wawasan lingkungan hidup yang asri dan lestari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement