Rabu 27 Jul 2022 10:10 WIB

Mahasiswa Universitas BSI Bogor Hibahkan Aplikasi Perpustakaan untuk SMPN 1 Sukaraja

Aplikasi memudahkan admin menjadi petugas perpustakaan dalam mengelola data

Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor, memberikan hibah aplikasi untuk SMP Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Bogor.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor, memberikan hibah aplikasi untuk SMP Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor, memberikan hibah aplikasi untuk SMP Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Bogor serta melaksanakan serah terimanya di sekolah tersebut, pada Rabu (15/7/2022) lalu.

Penerimaan dan pemberian hibah ini dihadiri oleh pembimbing instansi, Hj Riana Kanala selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Sukaraja Bogor. Sedangkan, dari tim pembuat aplikasi, terdiri dari mahasiswa Universitas BSI kampus Bogor, yakni Agif Agung Pangestu Fiqar Zoulfikar dan Rifki Aditya yang juga semuanya hadir.

Baca Juga

Aplikasi yang dihibahkan ini diberi nama "Sistem Informasi Perpustakaan SMP Sukaraja Berbasis Web". Hibah tersebut diberikan, juga sebagai bentuk terima kasih dan pertanggung jawaban mahasiswa Universitas BSI dalam penyusunan Tugas Akhir mereka, yang diimplementasikan kepada masyarakat.

 

Riana, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Sukaraja Bogor mengucapkan banyak terima kasih kepada Universitas BSI, karena telah membantu menyelesaikan permasalahan terkait sistem informasi perpustakaan di sekolah.

“Dengan adanya aplikasi ini, sangat memudahkan admin yang menjadi petugas perpustakaan dalam mengelola data perpustakaan. Karena di daerah Kabupaten Bogor hanya ada 1 sekolah yang sudah memiliki aplikasi sistem informasi perpustakaan berbasis web,” ujar Riana, Jumat (15/7/2022) lalu.

Selain itu, dengan adanya website tersebut, data peminjaman dan pengembalian buku bisa lebih terorganisir dengan baik dan meminimalisir terjadinya kehilangan data. “Penggunaan teknologi informasi juga sangat efektif di masa pandemi Covid-19 yang saat ini juga masih terjadi. Sehingga meningkatkan efektifitas proses peminjaman dan pengembalian buku di perpustakaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Agif, salah satu mahasiswa Universitas BSI kampus Bogor pembuat aplikasi, mengatakan bahwa, aplikasi sistem informasi perpustakaan tersebut dapat mempermudah proses transaksi untuk mencatat peminjaman dan pengembalian buku di perpustakaan SMP Negeri 1 Sukaraja, Bogor.

“Siswa juga dapat mengajukan booking buku yang akan dipinjam secara online dan mengetahui status peminjaman buku yang sudah dilakukan oleh mereka,” tuturnya.

Di sisi lain, Dewi Ayu Nur Wulandari selaku dosen pembimbing sekaligus Ketua Prodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Bogor, mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak sekolah, yang telah menerima dan membimbing mahasiswanya.

“Terima kasih banyak untuk pihak instansi yang telah menerima mahasiswa kami, sehingga dapat menyelesaikan aplikasi ini dengan baik dan sesuai kebutuhan di bagian perpustakaan SMP Negeri 1 Sukaraja Bogor,” ucap Dewi.

Ia berharap, semoga hubungan baik ini dapat berlanjut dan mahasiswa Universitas BSI dapat membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat melalui pembuatan aplikasi lainnya.

kata kunci: Hibah Aplikasi universtias bsi

ok

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement