Rabu 27 Jul 2022 08:08 WIB

Prodi Manajemen Gelar Pelatihan untuk Tingkatkan Penelitian

Pelatihan menggunakan materi SPSS yang ditujukan untuk dosen prodi manajemen

 Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Program studi (prodi) Manajemen menggelar workshop pelatihan SPSS: Regresi Linier Berganda.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Program studi (prodi) Manajemen menggelar workshop pelatihan SPSS: Regresi Linier Berganda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka menyambut semester gasal 2022/2023 di lingkungan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Program studi (prodi) Manajemen menggelar workshop pelatihan SPSS: Regresi Linier Berganda. Kegiatan digelar secara daring melalui zoom, pada Rabu (20/7/2022) silam.

Nurvi Oktiani selaku Ketua Prodi Manajemen Universitas BSI mengatakan, pelatihan ini ditujukan untuk dosen dari prodi Manajemen. Materi SPSS dipilih karena masih relevan dan banyak digunakan dalam penelitian keilmuan. Selain itu, SPSS juga menjadi aplikasi yang sangat baik digunakan dalam pengolahan metode penelitian baik untuk dosen dan mahasiswa.

Baca Juga

“SPSS merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk melakukan analisis statistik secara tepat dan cepat. Hasil analisis tersebut menghasilkan berbagai macam jenis output yang dikehendaki atau sesuai dengan tujuan peneilitian itu sendiri,” ujar Nurvi dalam rilis yang diterima, Rabu (27/7/2022).

Hadir sebagai narasumber, Sofyan Marwansyah yang merupakan dosen Universitas BSI menjelaskan bahwa, SPSS merupakan pilihan tepat untuk pengolahan data penelitian data kuantitatif dan kualitatif, terutama untuk dosen yang selalu melakukan penelitian untuk implementasi tri dharma perguruan tinggi.

“SPSS mampu mengakses data dari berbagai jenis format yang ada. Sehingga data yang sudah tersedia dalam berbagai format, dapat digunakan langsung untuk melakukan analisis data yang sangat akurat dari hasil input dan outputnya. Sehingga memudahkan dosen dalam membimbing mahasiswa,” jelas Sofyan.

Ia menambahkan, SPSS tak hanya digunakan dalam ilmu sosial saja, namun seiring perkembangan berbagai disiplin ilmu, banyak juga digunakan untuk survei, penelitian pasar, pendidikan hingga organisasi pemasaran.

“SPSS memiliki kemudahan bagi penggunanya seperti adanya data editor, viewer, multidimensional pivot tables, high-resolution graphics, database access, data transformations hingga mapping,” imbuhnya.

Sofyan berharap dengan adanya pelatihan ini, para dosen dapat mengajak mahasiswa Universitas BSI untuk menghasilkan penelitian yang berkualitas sesuai dengan tujuan prodi Manajemen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement