Senin 25 Jul 2022 21:55 WIB

Pembangunan DOB Butuh Dukungan dan Komitmen Berbagai Pihak

Pemda setempat telah menyediakan lahan untuk DPRD Papua Tengah.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ilham Tirta
Wamendagri John Wempi Wetipo
Foto: Dok Republika
Wamendagri John Wempi Wetipo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), John Wempi Wetipo mengapresiasi berbagai pihak atas dukungan dan komitmen terhadap adanya Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua Tengah. Apresiasi tersebut disampaikan Wempi saat melakukan kunjungan lapangan ke Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah, Senin (25/7/2022).

Wempi mengatakan, pembangunan infrastruktur di wilayah DOB tersebut membutuhkan dukungan berbagai pihak. Wempi pun mendorong berbagai pihak di Papua terus berkomitmen mendukung adanya DOB.

Baca Juga

"Saya atas nama Mendagri menyampaikan penghargaan yang tulus kepada kita semua. Nanti sosialisasi turunannya (terhadap DOB) segera kita jalankan," ujar Wempi dikutip dari siaran pers Kemendagri, Senin (25/7/2022).

Wempi mengatakan, komitmen dukungan salah satunya disampaikan oleh Bupati Nabire, Mesak Magai. Bupati Nabire juga berencana merelakan rumah dinasnya untuk ditempati Penjabat (Pj) Gubernur Papua Tengah.

"Beliau (Bupati Nabire) katakan, 'beliau tinggal di rumah pribadi saya (Bupati Nabire) saja. Jadi rumah dinas saya serahkan kepada Pj Gubernur untuk bisa bagaimana bisa membangun untuk wilayah Papua Tengah',” ujar Wempi.

Komitmen tersebut juga terlihat dari adanya lahan yang rencananya disiapkan untuk jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Papua Tengah. Menurut Wempi, kesediaan para Bupati dan masyarakat tersebut menunjukkan dukungan terhadap pembangunan di daerah tersebut agar berjalan lebih baik.

Wempi melanjutkan, berbagai komitmen tersebut bakal disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Hal ini utamanya juga berkaitan dengan rencana pembangunan infrastruktur di Papua Tengah.

Dia menambahkan, momentum adanya DOB saat ini merupakan waktu yang tepat untuk saling bersatu. "Saya ajak kita bersatu, yang menerima maupun yang menolak sudah waktunya kita bersatu untuk membangun kesejahteraan rakyat Papua menjadi lebih baik," kata Wempi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement