Senin 11 Jul 2022 18:06 WIB

Kasus PMK Kota Bandung Menyusut Hingga 50 Persen

150 ekor ternak masih dalam proses penyembuhan dan terus dipantau kondisinya.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Ilham Tirta
Kota Bandung terus pantau wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).
Foto: Tim Infografis Republika.co.id
Kota Bandung terus pantau wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Angka kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kota Bandung mengalami penyusutan dari 328 kasus menjadi 156 kasus. Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Asep Ruspian mengatakan, kasus PMK di Kota Bandung masih terdata di tiga kecamatan, yaitu Babakan Ciparay, Bandung Kulon dan Cibiru.

“Masih sekitar 150 ekor (yang terjangkit PMK) di tiga kecamatan, yang sudah sembuh ada 167 ekor dari 328 kasus, lebih dari 50 persen,” kata Asep saat dihubungi Republika.co.id, Senin (11/7/2022).

Baca Juga

Dia mengatakan, dari ratusan hewan yang terkonfirmasi PMK, dua di antaranya mati dan tiga lainnya dipotong bersyarat. Sedangkan sisanya masih dalam proses penyembuhan dan terus dipantau kondisinya hingga saat ini.

“Yang terjangkit PMK sudah dipisahkan, setelah dipisahkan kita berikan suntikan vitamin, juga diberikan sitrun dan mineral,” kata Asep.

Dinas juga memberikan penyuluhan kepada peternak agar membersihkan kandang dan menyemprotkan desinfektan. "Alhamdulillah sudah banyak yang sembuh,” katanya.

Dia menekankan, seluruh hewan ternak yang masih terjangkit PMK akan terus diberikan pengobatan dan diawasi perkembangan kondisinya. Pihaknya akan melakukan pendataan ulang, menyusul telah banyaknya pedagang hewan ternak musiman yang mulai meninggalkan Kota Bandung.

“Kami akan mendata ulang, kalau kemarin kan peternak musiman saja, yang jual saat musim qurban, kalau sekarang kan Idul Adha sudah berakhir makanya akan didata kembali, sisanya berapa ternak yang ada di Kota Bandung,” ujarnya. Pemeriksaan akan terus berlanjut hingga seluruh hewan ternak di Kota Bandung dipastikan terbebas dari PMK.

Kota Bandung menjadi kota dengan jumlah kasus PMK terbanyak, mengalahkan kota-kota lain di Jawa Barat. Berdasarkan data yang dikutip dari siagapmk.id, per Kamis (30/6/2022), terdata sebanyak 328 hewan ternak di Kota Bandung terjangkit PMK. Adapun yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 102 ekor, membuat sisa kasus menjadi 221 ekor.

Jika dibandingkan dengan jumlah kasus di kota-kota lain seperti Bekasi, Banjar, Bogor, Cirebon, Depok, dan Cimahi, angka kasus PMK masih berada dikisaran 271 sampai 35 kasus saja. Selain menjadi kota dengan angka kasus PMK terbanyak di Jabar, Kota Bandung juga menjadi kota dengan capaian vaksinasi paling sedikit di Jawa Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement