Sabtu 09 Jul 2022 14:35 WIB

Koperasi Agribisnis Sekolah Vokasi IPB Gelar Rapat Kerja dan Penyerahan Hadiah Lomba

Teaching Factory Koperasi Agribisnis Sekolah Vokasi IPB menggelar rapat kerja

Teaching Factory (Tefa) Koperasi Agribisnis Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor melaksanakan rapat kerja pada Rabu (6/7/2022).
Foto: IPB
Teaching Factory (Tefa) Koperasi Agribisnis Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor melaksanakan rapat kerja pada Rabu (6/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Teaching Factory (Tefa) Koperasi Agribisnis Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB) melaksanakan rapat kerja pada Rabu (6/7/2022). Agenda ini berlangsung di Gedung Delta, Kampus Sekolah Vokasi IPB University, Jalan Pajajaran, Kota Bogor.

Acara dihadiri oleh Badan Pengurus Harian dan Badan Pengawas Koperasi Agribisnis Sekolah Vokasi IPB University di antaranya Muh Faturokhman (ketua), Doni Sahat Tua Manalu (sekretaris), Liisa Firhani Rahmasari (bendahara), dan Anita Ristianingrum selaku ketua dewan pengawas sekaligus kaprodi Manajemen Agribisnis Sekolah Vokasi IPB University. Selain itu acara dihadiri oleh anggota koperasi yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University.

Baca Juga

Di awal acara, Muh Faturokhman memberikan sambutan sekaligus laporan kegiatan Tefa Koperasi Agribisnis. Dalam laporannya, disampaikan bahwa fokus utama Tefa Koperasi Agribisnis sejak berdiri delapan bulan lalu adalah konsolidasi internal dengan terus melakukan sosialisasi dan rekrutmen anggota baru. Hal ini dilakukan karena “ruh” koperasi berada pada anggota sehingga penambahan jumlah anggota dan meningkatnya kesadaran anggota untuk berkoperasi menjadi sangat penting. 

Dia juga menyampaikan perkembangan program kerja yang sedang berjalan dan yang akan dilakukan ke depan. Untuk kegiatan yang sedang berjalan antara lain kerja sama dengan Himavo AKMPESA. Kerja sama ini terkait pengadaan baju mahasiswa beberapa Progam Studi dan persiapan teknis dan kelayakan pengadaan baju batik pada Prodi Manajemen Agribinis.

 

Untuk rencana kegiatan selanjutnya antara lain pengadaan baju wearpack untuk mahasiswa yang akan melakukan kegiatan praktikum semester depan. Ada pula penyusunan skema integrasi pembelajaran beberapa mata kuliah seperti manajemen koperasi, manajemen usaha mandiri, dan manajmen pemasaran dengan Tefa Koperasi Agribisnis baik dalam bentuk Problem Based Learning (PBL) maupun Project Based Learding (PJBL). 

"Kegiatan lainnya adalah mulai beroperasinya unit simpan pinjam koperasi setelah gedung Tefa Koperasi selesai diperbaiki," ujar Fatur, sapaan akrab ketua Koperasi tersebut. 

Di kesempatan itu, Anita Ristianingrum menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap pengurus Koperasi Agribisnis baik dosen maupun mahasiswa. Menurut Anita mereka telah bekerja keras untuk menjalankan Tefa Koperasi Agribisnis di tengah kesibukan baik sebagai pengajar/asesor maupun sebagai mahasiswa.

Dia berharap Tefa Koperasi Agribisnis dapat benar-benar berfungsi sebagai lembaga bisnis yang mampu menghasilkan keuntungan dan juga sebagai tempat praktek bisnis mahasiswa. Dengan demikian lulusan SV IPB menjadi lulusan yang memiliki kompetensi yang siap untuk menghadapi ekosistem industri yang sangat kompetitif maupun ekosistem kewirausahaan. 

Di saat yang sama Koperasi Agribisnis menyerahkan hadiah sebagai apresiasi kepada para mahasiswa pemenang lomba. Antara lain lomba pembuatan logo Koperasi dan lomba Desain baju batik Prodi Manajemen Agribisnis. Liisa Firhani Rahmasari menuturkan beberapa mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University berpartisipasi dalam sayembara logo koperasi dan desain batik Prodi Manajemen Agribisnis.

Berdasarkan penilaian dari dewan juri dan hasil rapat akhir oleh pengurus Tefa koperasi agribisnis, terpilih satu pemenang desain logo koperasi terbaik yaitu Furat Shafan Hadaya dan satu pemenang atas nama Allecia Tessalonika Wijaya. "Keduanya adalah mahasiswa program studi Manajemen Agribisnis Sekolah Vokasi IPB University," ujar Liisa. 

Di akhir acara,  Doni Sahat Tua Manalu menyampaikan bahwa pemberian hadiah ini sebagai bukti apresiasi Koperasi Agribisnis kapada pemenang. Diharapkan penghargaan ini dapat motivasi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dan berinovasi sehingga harapan munculnya mahasiswa pembelajar (agile learner) Sekolah Vokasi IPB dapat tercapai. "Harapan lainnya adalah semakin banyak mahasiswa Sekolah Vokasi IPB untuk bergabung dan berkarya bersama dengan Koperasi Agribinis," ujarnya. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement