Rabu 15 Jun 2022 22:29 WIB

Kota Pariaman Perbanyak Pasang CCTV Ciptakan 'Kota Cerdas'

Pariaman akan pasang CCTV di lokasi strategis dan tempat wisata.

Sejumlah pengunjung menikmati wisata di Pantai Gandoriah, Pariaman, Sumatera Barat.
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Sejumlah pengunjung menikmati wisata di Pantai Gandoriah, Pariaman, Sumatera Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIAMAN -- Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat, bakal melengkapi objek wisata dan lokasi strategis lainnya di daerah itu dengan kamera pengintai atau CCTV untuk meningkatkan keamanan guna mendukung terciptanya kota cerdas. "Kami akan mengalokasikan anggaran di APBD Perubahan 2022 untuk pengadaan CCTV dan meminta pemerintah desa minimal menyediakan empat unit CCTV di daerahnya," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar usai sambutan pada pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Rencana Induk Kota Cerdas di Pariaman, Rabu (15/6/2022).

Ia mengatakan, dengan keterlibatan pemerintah desa maka nantinya CCTV yang dipasang tidak saja di objek wisata dan lokasi strategis di Pariaman namun juga seluruh desa. Ia menyampaikan CCTV tersebut nantinya tidak saja terhubung dengan Pemerintah Kota Pariaman namun juga Polres Pariaman dan TNI setempat sehingga perkembangan keamanan dan ketertiban daerah itu dapat dipantau secara langsung.

Baca Juga

"Jika kota ini dilengkapi CCTV maka Pariaman menjadi daerah yang 'smart' dalam bidang keamanan dan ketertiban," ujarnya.

Ia berharap dengan penganggaran pembelian CCTV pada APBD dan APBDes perubahan maka September 2022 daerah itu sudah cerdas dalam segi keamanan dan ketertiban. Sementara itu, Kapolres Pariaman AKBP Abdul Azis mengatakan penggunaan CCTV dapat membantu pengawasan keamanan dan ketertiban daerah sehingga dapat mengurangi potensi terjadinya tindakan kejahatan.

 

Diketahui beberapa bulan yang lalu dirinya juga meminta pemerintah desa melengkapi daerahnya dengan CCTV untuk meningkatkan keamanan desa. Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mulai menyusun rencana induk kota cerdas guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara cerdas.

"Sebenarnya kami sudah lama menerapkan smartcity tapi masterplantnya belum ada, kami langsung aksi saja," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar usai sambutan pada pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan MasterplanSmartcity Kota Pariaman di Pariaman.

Ia mengatakan, dengan Pariaman memiliki rencana induk kota cerdas yang penyusunannya dibantu pemerintah pusat maka arahvkota cerdasdi daerah itu akan semakin baik.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement