Kamis 28 Apr 2022 22:42 WIB

Pemudik Arah Lebak Diimbau Waspada Cuaca Buruk

Pemudik arah Lebak, Banten, diimbau waspada hujab lebat disertai angin kencang.

Pemudik arah Lebak, Banten, diimbau waspada hujab lebat disertai angin kencang.
Foto: ANTARA / Fakhri Hermansyah
Pemudik arah Lebak, Banten, diimbau waspada hujab lebat disertai angin kencang.

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mengimbau agar para pemudik Lebaran 2022 mewaspadai cuaca buruk guna menghindari kecelakaan. "Kita berharap pemudik lebih baik istirahat dan menghentikan perjalanan jika terjadi hujan lebat disertai angin kencang, " kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Lebak Agus Reza Faisal,di Lebak, Kamis (28/4/2022).

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sepekan ke depan wilayah Kabupaten Lebak dilanda cuaca buruk yang ditandai hujan lebat disertai angin kencang dan petir. Sebab, wilayah Kabupaten Lebak kini masuk masa pancaroba dari musim hujan ke kemarau.

Baca Juga

Musim peralihan itu tentu rawan potensi bencana alam, seperti longsor, banjir dan pohon tumbang. Oleh karena itu, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi agar waspada menghadapi cuaca buruk tersebut. Apalagi, topografi kondisi jalan ke sejumlah daerah di Kabupaten Lebak terdapat perbukitan dan pegunungan.

"Kami minta pengemudi jika terjadi cuaca buruk sebaiknya beristirahat di posko mudik untuk mencegah terjadi potensi bencana alam," katanya menjelaskan.

 

Menurut dia, cuaca buruk di wilayah Kabupaten Lebak pada Rabu (27/4/2022), dilanda hujan lebat dengan intensitas curah hujan tinggi disertai angin kencang dan petir yang terjadi sejak sore hingga dinihari. Peluang cuaca buruk itu berlangsung sore hingga malam hariNamun, beruntung cuaca buruk tersebut tidak menimbulkan kecelakaan bagi pengemudi, karena mereka mematuhi imbauan BPBD setempat.

"Kami selalu menyampaikanimbauan kepada pemudik agar waspada bila terjadi cuaca buruk itu," katanya menambahkan.

Sementara itu, Suryadi, seorang pemudik warga Jakarta mengaku bahwa dirinya bersama anggota keluarga hendak mudik ke Malingping, namun terpaksa beristirahat di Rangkasbitung menyusul cuaca buruk. "Kami kembali melanjutkan perjalanan setelah hujan reda," katanya.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement