Selasa 26 Apr 2022 13:52 WIB

23 Pintu Tol yang Diprediksi Alami Kepadatan Sepanjang Mudik Lebaran

23 pintu tol yang berpotensi menuai kepadatan membentang dari Banten hingga Jatim.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Indira Rezkisari
Suasana ruas Jalan Tol Kanci-Pejagan. Gerbang Tol Pejagan diperkirakan menjadi salah satu pintu tol yang mengalami kepadatan sepanjang periode mudik lebaran tahun ini.
Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA
Suasana ruas Jalan Tol Kanci-Pejagan. Gerbang Tol Pejagan diperkirakan menjadi salah satu pintu tol yang mengalami kepadatan sepanjang periode mudik lebaran tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana menyebut ada 23 pintu tol yang diprediksi mengalami kepadatan sepanjang periode mudik lebaran tahun ini. Hal itu didasari oleh survei ruas jalan tol, arteri dan koordinasi dengan pihak terkait.

Chryshnanda mengatakan 23 pintu tol yang berpotensi menuai kepadatan membentang dari wilayah Polda Banten hingga Polda Jawa Timur. Korlantas Polri membagi 23 titik pintu tol itu dalam empat wilayah pengendalian yang masing-masing dipimpin oleh seorang perwira tinggi kepolisian.

Baca Juga

"Untuk mengantisipasinya, kami menyiapkan cara bertindak yaitu membantu kelancaran keluar masuk gate tol, membuka gate satelit, menambah mobile rider, kanalisasi, pengalihan arus, dan juga mengimbau masyarakat untuk mengisi kartu tol dengan nilai yang cukup," kata Chryshnanda dalam webinar yang digelar oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI) pada Selasa (26/4/2022).

Chryshnanda mencontohkan titik bottleneck berpeluang terjadi di Arah Merak dimana ruas jalan tol Tangerang-Merak mulai dari KM26, arah Cikampek mulai dari KM48-50 dan KM31-37. Kemudian untuk arah Jakarta dari ruas jalan tol KM66-62.

"Kami bisa melakukan diskresi dengan rekayasa lalu lintas untuk buka tutup dan melakukan prioritas, penarikan arus, contra flow," ujar Chryshnanda.

Chryshnanda juga menyebut dalam Operasi Ketupat tahun ini disiapkan 144.392 personel, terdiri dari 87.880 personel Polri 56.512 personel dari instansi terkait seperti TNI, BNPB, BMKG, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Dinas Perhubungan. Operasi ini akan dilaksanakan selama 12 hari dari 28 April hingga 9 Mei 2022

"Kami sudah menyiapkan personel yang diharapkan mampu mengamankan dan menjaga kelancaran mudik Lebaran," ucap Chryshnanda.

Daftar lokasi Gate Tol yang diprediksi mengalami kepadatan:

Wilayah Polda Banten

1. Gate Tol Cikupa

2. Gate Tol Merak

Wilayah Polda Metro Jaya

3. Gate Tol Halim

4. Gate Tol Cikunir 2 dan 6

Wilayah Polda Jawa Timur

5. Gate Tol Kejapanan

6. Gate Tol Singosari

7. Gate Tol Pandaan

8. Gate Tol Gunung Sari

9. Gate Tol Sidoarjo 2

10. Gate Tol Porong

Wilayah Polda Jawa Barat

11. Gate Tol Cikampek Utama

12. Gate Tol Kalihurip Utama

13. Gate Tol Palimanan

14. Gate Tol Cileunyi

15. Gate Tol Padalarang

16. Gate Tol Pasteur

17. Gate Tol Ciawi

Wilayah Polda Jawa Tengah

18. Gate Tol Pejagan

19. Gate Tol Brebes

20. Exit Pemalang

21. Gate Tol Kalikangkung

22. Gate Tol Krapyak

23. Gate Tol Banyumanik

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement