Senin 04 Apr 2022 13:52 WIB

Pesan KSAL ke Dua Kadet TNI AL di Amerika Serikat

Dua kadet Indonesia sedang mengikuti pendidikan di USNA.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Teguh Firmansyah
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (kanan).
Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengunjungi United Stated Naval Academy (USNA) di Anapolis, Amerika Serikat. Dalam kesempatan itu, Yudo juga menemui dua kadet Indonesia yang sedang mengikuti pendidikan di USNA.

Kedua kadet itu, yakni Kopral Taruna (M) Febiarta Suryana dan Kopral Taruna (E) Juandito Cahyo Nugroho. Yudo pun berpesan kepada keduanya agar selalu menjaga martabat dan nama baik Indonesia selama menyelesaikan masa pendidikan, karena keduanya merupakan duta bangsa dalam Pendidikan militer di USNA.

Baca Juga

"Ikuti pendidikan dengan baik dan tunjukkan bahwa kalian tangguh dan mampu bersaing," kata Yudo dalam keterangan tertulis resminya yang diterima di Jakarta, Senin (4/4).

Febiarta Suryana dan Juandito Cahyo Nugroho merupakan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) yang mengikuti pendidikan di USNA. Mereka adalah Taruna Tingkat I Angkatan 69 tahun 2020.

Mereka akan menyelesaikan pendidikan selama empat tahun ke depan hingga tahun 2025 mendatang dengan mengikuti materi dan kurikulum sesuai yang diberikan kepada Taruna Amerika. Program ini merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan dengan masing-masing angkatan bersenjata.

Program ini bertujuan agar seusai pelaksanaan pendidikan, dapat memberikan input atau berkontribusi dalam kemajuan TNI AL serta ke depan akan ada program lanjutan dalam mengirimkan Cadet AAL ke USNA.

Adapun dalam kunjungannya, KSAL Yudo disambut oleh Superintendent of USNA Vice Admiral Sean Scott Buck. Ia menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Yudo dan merasa sangat terhormat atas kunjungan ini. Sean menyebut, USNA ingin hubungan berkelanjutan dan tetap menjadi negara sahabat strategis dalam pembangunan profesionalisme personel Angkatan Laut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement