Kamis 24 Mar 2022 16:16 WIB

Menanti Nyaris 40 Tahun, Jalur Kereta Cibatu-Garut Kembali Beroperasi

Banyak yang menantikan momen bersejarah beroperasinya jalur kereta api Cibatu-Garut.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah
Pelajar mengibarkan bendera Merah Putih saat kereta api Inspeksi melintasi jalur rel di Stasiun Garut, Garut, Jawa Barat, Kamis (24/3/2022). PT. Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan reaktivasi jalur lintas Kereta Api Cibatu-Garut setelah sekitar 40 tahun tidak beroperasi guna meningkatkan konektivitas antar daerah dengan moda transportasi kereta api.
Foto:

 

Lebih dari itu, kereta api disebut dapat mempermudah masyarakat Kabupaten Garut dalam memilih moda transportasi. Apalagi, sekarang kereta api dari Stasiun Garut sudah bisa langsung menuju Jakarta. "Jadi akan lebih mudah kalau mau ke Bandung atau Jakarta. Daripada naik mobil, macet," kata dia.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat yang telah mereaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut, yang hampir 40 tahun tidak berfungsi. Menurut dia, selesainya proses reaktivasi itu merupakan hasil kerja sama semua pihak.

"Saya juga terharu, kereta api bisa kembali beroperasi di sini. Bahkan, bukan hanya ke Cibatu, tapi langsung tembus ke ibu kota Jakarta," kata Rudy.

Ia menilai, moda transportasi kereta api akan menjadi salah satu pilihan utama bagi masyarakat Kabupaten Garut. Masyarakat dari Jakarta dan Bandung juga akan makin mudah datang ke Kabupaten Garut, baik untuk berwisata maupun untuk kegiatan lain. 

"Apalagi sekarang menjelang Lebaran, banyak orang yang mudik. Ini akan jadi solusi agar pemudik tidak kemacetan. Harganya sangat murah," kata dia. 

Ia berharap, kehadiran kereta api dapat meningkatkan perekonomian warga Kabupaten Garut. Sebab, dengan kereta api, wisatawan akan makin mudah untuk datang ke Garut. Selain itu, pengusaha dari Kabupaten Garut juga akan makin mudah untuk mendistribusikan produk ke Jakarta. "Selama ini, masalah akses memang selalu menjadi kendala di Kabupaten Garut. Dengan adanya kereta api, mudah-mudahan akan makin banyak wisatawan berkunjung, dan ekonomi warga Garut meningkat," ujar dia.

Jalur api Cibatu-Garut telah kembali dioperasikan KAI setelah diresmikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kamis. Kini, jalur yang telah tak digunakan sejak 1983 dapat beroperasi lagi.

Dalam reaktivasi jalur sepanjang 19 kilometer tersebut, juga dioperasikan kembali tiga stasiun, yaitu Stasiun Garut, Wanaraja, dan Pasirjengkol. Pada kesempatan itu, diresmikan juga pengoperasian KA Cikuray rute Garut-Pasar Senen (pulang pergi) dan KA Garut Cibatuan rute Garut-Purwakarta (pulang pergi).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement