Kamis 10 Mar 2022 15:26 WIB

Dinkes Kepri: Banyak Warga yang Lari Ketika Hendak Dites Covid-19

Warga yang hendak dites Covid-19 punya gejala atau kontak erat dengan pasien positif.

Tes PCR Covid-19 (Ilustrasi). Penting untuk mengetahui status positif-negatif Covid-19 dengan menjalani tes PCR. Masih banyak warga masih Kepri yang enggan dites Covid-19.
Foto:

Dengan begitu, menurut Bisri, masyarakat dapat ikut membantu pemerintah dalam mengendalikan penyebaran Covid-19. Ia pun menyerukan agar masyarakat tidak menyepelekan Covid-19.

"Karena kalau positif meski tak bergejala, khawatirnya menyebar ke keluarga di rumah, apalagi kalau ada yang punya riwayat komorbid, pasti akan sangat berbahaya," ucapnya.

photo
Bahaya swab test Covid-19 mandiri di rumah. - (Republika)

Lebih lanjut, Bisri menyampaikan dampak rendahnya warga mengikuti testing Covid-19. Hal itu memicu Kepri naik status dari PPKM level 2 ke PPKM level 3, seiring tingginya kasus harian beberapa pekan terakhir.

Bisri menyampaikan, perkembangan terkini kasus aktif Covid-19 di Kepri sebanyak 2.408 orang dengan BOR rumah sakit 20,56 persen dan positivity rate 8,39 persen. Selain itu, Bisri kembali mengingatkan masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan karena belakangan dinilai semakin kendur, terutama terkait penggunaan masker di tempat-tempat umum.

"Protokol kesehatan tak boleh kendur, karena pandemi belum usai," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement